![](file:///C:/DOCUME%7E1/ONEDA1%7E1/LOCALS%7E1/Temp/msohtml1/03/clip_image001.gif)
Supervisi Observasi Kegiatan Pembelajaran
SUPERVISI
OBSERVASI KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Nama Madrasah : …………………………………………………………………………….
2. Nama Guru : …………………………………………………………………………….
3. Mata Pelajaran : …………………………………………………………………………….
4. SK/KD : …………………………………………………………………………….
5. Semester/Kelas : …………………………………………………………………………….
No
|
Aspek Yang dinilai
|
Jawaban
|
Nilai
|
Keterangan
| |
Ya/
|
Tidak
| ||||
I
II
|
PERSIAPAN
1. Persiapan Semester
2. Program Satuan Pelajaran.
a. Perumusan Kompetensi dasar
b. Perumusan Indikator kompetensi
c. Penjabaran materi
d. Alat/bahan pengajaran
e. Langkah – langkah PBM
f. Penilaian
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
A. PENDAHULUAN
1. penampilan guru
2. Apersepsi/ motivasi
3. Penggunaan Bahasa
B. PENGEMBANGAN
1. Penguasaan materi
2. penyajian sesuai dengan urutan materi
3. penggunaan bahasa
C. PENERAPAN DAN PENUTUP
1. tes proses belajar
2. Daya serap
3. Resume
4. Tugas siswa
5. pelaksanaan sesuai dengan alokasi waktu
6. mengahiri pelajaran dengan baik.
| ||||
JUMLAH NILAI
|
PEDOMAN PENILAIAN
OBSERVASI KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
KOMPONEN
|
PENILAIAN
|
NILAI
| |
MAKS
|
JUMLAH
| |||
I
|
PERSIAPAN
1. Persiapan semester
2. Program pembelajaran
a. Kompetensi dasar
b. Indokator kompetensi
c. Penjabaran materi
d. Alat/bahan pelajaran
e. Langkah – langkah PBM
f. Penilaian
KEGIATAN PEMBALAJARAN
A. PENDAHULUAN
1. Penampilan Guru
2. Persepsi/motiasi
3. Penggunaan Bahasa
B. PENGEMBANGAN
1. Penguasaan materi
2. penyajian sesuai dengan urutan materi
3. metode / pendekatan
4. penggunaan alat Bantu
5. partisipasi siswa terhadap
6. bimbingan terhadap siswa
7. Teknik bertanya.
C. PENUTUP
1. Tes Proses Belajar
2. Daya Serap
3. Resume
4. Tugas siswa
5. Pelaksanaan sesuai dengan alokasi waktu
6. Mengahiri pelajaran dengan baik
|
Memuat :
![]() ![]() ![]() |
40
30
30
| |
![]() ![]()
P Rumusan Sepesifik
P Menggunakan kata operasional
P Dapat diukur/dibuat norma penilaian
![]() ![]() ![]() ![]() |
20
20
20
20
60
40
60
60
|
100
| ||
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]()
60:40
70:30
80:30
![]() ![]() |
40
40
10
10
40
40
40
40
20
20
20
40
40
|
300
| ||
![]() ![]()
Ø Resume dibuat bersama siswa yang merupakan inti sari dari tatap muka.
![]() ![]() |
50
50
40
20
30
10
|
400
| ||
200
| ||||
Jumlah Nilai Seluruhnya
|
1000
|
1000
|
Catatan:
1. Jumlah nilai 1000 diubah menjadi 100 , sehingga nilai tertinggi adalah 100
2. Nilai angka kwantitatif dirubah menjadi angka kuantitatif
a. A ( amat Baik ) : 91-100
b. B ( Baik ) : 76 – 90
c. C ( Cukup ) : 1 - 75Artikel Terkait
No comments:
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Post a Comment
Silahkan ketikkan komentar anda disini