Pengertian Menopause

Pengertian Menopouse 
Menopause adalah peristiwa kehidupan yang normal bukan suatu penyakit. Menopause suatu fase alamiah yang akan di alami oleh setiap wanita yang biasanya terjadi di atas usia 45 tahun. Lebih lanjut dikatakan oleh (Liewellyn, 2002) terjadinya menopause bila siklus menstruasi seorang wanita telah berhenti secara permanen selama satu bulan. Kondisi ini merupakan suatu akhir proses biologis yang menandai berakhirnya masa subur seorang wanita. Berhentinya menstruasi tersebut akan membawa dampak perubahan sosial, fisiologis atau psikologis (Varney, 2007)
Lebih lanjut (Agila, hal. 17 2007) dalam pandangan medis menyatakan menopause itu bukan hanya sekedar penghentian sementara dan siklus haid melainkan penghentian haid untuk selamanya menopause merupakan pendarahan rahim terakhir. Suatu periode ketika persediaan sel telur habis berarti berhentinya masa kesuburan yang sering diidentikkan dengan penuaan.
Masa menopause seorang wanita mengalami penuaan indung telur sehingga tidak sanggup memenuhi hormon estrogen. Sistem hormonal seluruh tubuh megalami kemunduran dalam mengeluarkan hormonnya yang menyebabkan berbagai perubahan fisik dan psikologis (Bagus, hal. 188, 1999).

Perubahan hormon mengakibatkan berbagai macam perubahan bagi wanita. Kulit tidak kencang lagi, keriput dan permasalahan sekitar organ genital yang berdampak pada hubungan intim suami istri. Masa menopause dianggap sebagai semacam mimpi buruk bagi kaum wanita defresi atau perubahan yang terjadi dan berbagai gangguan psikis lainnya yang menjadikan wanita semakin terpuruk pada masa menopause (Agila, hal 14, 2010).
Ada juga beberapa mitos yang berkembang di masyarakat menyatakan wanita yang mengalami menopause otomatis sudah menjadi tua atau waktunya sudah dekat. Anggapan mereka menopause adalah awal penderitaan lahir dan batin bagi semua wanita. Periode menopause menjadi goncangan yang sangat mencemaskan, munculnya rasa cemas, takut, stres dan menyedihkan namun benarkah menopause adalah penderitaan bagi semua wanita atau menimbulkan masalah besar bagi wanita.
Pada kondisi ini menopause merupakan semakin menjadi mimpi buruk bagi wanita, tetapi ada juga kita lihat sebagian wanita menganggap menopause bukanlah suatu masalah tapi takdir yang digariskan maha pencipta yang terbaik bagi makhluknya. Jadi apabila menopause menghampiri hidup kita banyak hal yang kita lakukan agar kita dapat menghadapi keadaan. Supaya masa menopause  itu bukan lagi menimbulkan permasalahan supaya kita bisa berpikir positif. Untuk itu sebagai wanita perlu memiliki pengetahuan tentang seluk beluk menopause
Share on :

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan ketikkan komentar anda disini