Metode Pengembangan Seni - Mencetak dengan berbagai media


Mencetak Dengan berbagai media
A.     Prinsip
Prinsip dari mencetak adalah :
Ø      Memindahkan gambar keatas kertas atau bahan lainnya dengan menggunakan acuan cetak yang terbuat dari berbagai jenis bahan (mencetak dengan bahan alam).

B.     Alat dan Bahan
v     Kertas
v     Pelepah pisang
v     Batang talas/keladi
v     Pisau cutter
v     Gunting
v     Bantalan stempel
v     Tinta
v     Daun papaya

C.     Langkah-langkah
Ø      Mempersiapkan alat dan bahan
Ø      Tekan pelepah pisang yang telah dipotong pada bantalan stempel kemudian mulai mencetak diatas kertas tadisecara berulang-ulang hingga menbentuk kelopak bunga.
Ø      Untuk sari dan batang bunga, ambil batang talas lalu tekan pada stempel secara berulang-ulang. Hingga membentuk sari dean batang bunga.
Ø      Terakhir potong daun hingga menjadi bentuk yang anda inginkan. Kemudian lakukanb seperti cara diatas sampai membentuk daun.


A.  PROSEDUR PEMBUATAN
1.   Bahan :
Krayon, Pewarna, pola, bahan untuk acuan cetak, berbagai macam jenis bahan seperti : Krayon, Pewarna, Pola.
2.   Proses Mencetak sesuai Gambar
                  Siapkan bahan dan peralatan usap abur yang dibutuhkan, dan yang digemari anak, dioleskan krayon pada permukaan pola sehingga merata diseluruh bagian permukaan nya. Kemudian jari jempol diusap diseluruh bagian permukaanya kemudian angkat pola dan kita bisa melihat hasil usap abur yang telah kerjakan tadi. Ulangi proses yang sama untuk cetak yang berada, hasil cetakan akan terlihat lebih menarik jika bentuk, ukuran serta warna yang digunakan berfariasi.

B.  RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang diatas maka terdapat rumusan masalah atau masalah yang perlu kita ketahui yaitu :
“Kurangnya kreatifitas guru7 dalam membimbing anak –anak TK tersebut dan kurangnya arahan dari orang tua dirumah.


PEMBAHASAN

Prinsip usap abur adalah pencampuran warna, menggoleskan warna pada pola yang di sediakan. Dalam aktifitas kraetif yang lebih mengutamakan kepakaan. Estetika dan dan ketarampilan motorik yang lebih pentingkan disini adalah bagaimana anak mengesik presikan atau menuangkan atau penataan yang artistic secara instigtif.
a.   Usap abur dengan pencampuran warna
  1. Proses di awali dengan membuat poila
  2. Proses pencairan warna
  3. Proses di awalin dengan memberi stimulu untuk membangkitkan minat rasa ingin tahu anak
  4. Proses merasakan atau menghayati dapat di capai dengan memberikan kertas atau pola
  5. Proses akan berfikr akan membantu anak lebih focus dan membangkitkan daya imajinasi
  6. Proses berkarya akan melibatkan kemampuan anak menguasai beragam media usap abur
Oleh:

NAMA   : SERIYANTI
NIM       : 816578459

KELAS : B

Share on :

Artikel Terkait