Pendidikan Islam Dizaman Rasulullah hingga Sekarang


Sejak Nabi Muhammad diangkat sebagai Rasul sebagai tanda datangnya Islam sampai sekarang telah berjalan sekitar 14 Abad Lamanya. Pendidikan Islam memang berkembang sejalan dengan kemunculan Islam itu sendiri , atau setelah diutus nabi Muhammad sebagai Rasul. Nabi adalah anggota bani Hasyim. Tahun kelahirannya dinamakan Tahun Gajah. Karena pada waktu itu pasukan Abraha, Gubernur Kerajaan Habsyi (Ethiopia ) dengan menunggang Gajah Menyerbu Makkah Untuk Menghancurkan Ka’bah.
Pendidikan Islam dilakukan setelah mendapat firman Allah, yang dijelaskan dalam surat Al – Mudasir ayat 1 – 7 menyeru yang berarti mengajak , atau mendidik. Pada masa ini pendidikan Islam diartikan pembudayaan ajaran Islam yaitu memasukkan Ajaran – Ajaran Islam dan menjadikannya unsure budaya.

MASA PENDIDIKAN ISLAM ( KHULAFAUR RASIDIN )
Setelah Rasul Wafat , peradaban Islam memberi contoh bagaimana mengendalikan Negara dengan bijaksana . Kebijaksanaan ini adalah politik yang mengandung hikmat, bergerak , berpikir, bertindak, berlaku dan berbuat atau Tehnik Strategi.
Pada Masa Khalifah Umar Bin Khattab, situasi politik dalam keadaan Stabil, dengan meluasnya wilayah Islam sampai keluar Jazirah Arab, Begitu juga pada masa Khalifah Ustman Bin Affan masih Stabil, dan begitu juga seterusnya pada sahabat – sahabat yang lain.

MASA KEJAYAAN PENDIDIKAN ISLAM ( UMAYAH DAN ABBASIYAH)
Dengan Berakhirnya Khulafaurrasidin mulailah kekuasaan Bani Umayah. Selama pemerintahan Muawiyah, daerah kekuasaan Islam meluas sampai ke Lahore si Pakistan. Masa kejayaan ini ditandai dengan berkembangnya kebudayaan islam secara mandiri, dengan berkembang luasnya lembaga pendidikan Islam seperti Madrasah, Universitas Islam.

MASA KEMUNDURAN PENDIDIKAN ISLAM.
Pendidikan Islam Terus Menurun setelah Abad 13 M dan terus melemah sampai abad 18 M dan beberapa sebab kemunduran Islam antara lain :
  1. Telah berkelebihan filsafat Islam ( yang bercorak sufistis ) dimasukkan oleh Al Ghazali dalam alam Islam dan dan berkelebihan pula Ibn Rusyd dalam memasukkan filsafat Islamnya.
  2. Para Khalifah, Sultan, Amir , dan umat Islam melalaikan Ilmu Pengetahuan dan kebudayaan Islam .
  3. banyak terjadi pemberontakan dan serangan dari luar sehingga menyebabkan kehancuran. Dan mengakibatkan berhentinya kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan.

PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM
Jika Sebelumnya Barat dianggap lemah dan kafir dihadapan Islam . namun Akhirnya Umat Islam sangat menghargai dan menjalin kerjasama untuk mengejar ketinggalan Islam dengan kemajuan barat, dengan cara ini akhirnya pendidikan Islam bangkit kembali dengan berdirinya Madrasah bahkan akhirnya sampai ke Indonesia.

Share on :

Artikel Terkait