Tujuan Pembelajaran dan Butir - Butir Soal
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan diberikannya pelajaran tentang bacaan Al qomariah diharapkan siswa kelas VII SMP dapat menyebutkan contoh bacaan Al qomariah dengan baik dan benar.
Contoh soal :
Yang termasuk bacaan al qomariah adalah …………..
a. الحمد b. ان c. ارايت d. اكبر
jawab : A
2. Jika diberikan pelajaran tentang Alif lam syamsiyah, diharapkan siswa mampu menyebutkan contoh Alif lam syamsiyah dengan benar.
Contoh Soal :
السلا م Alif lam disamping adalah bacaan …………..
a. Alif lam qomariyah b. Alif lam Syamsiyah
c. Alif lam juhuriyah c. Alif lam Dhuhuriyah
Jawab : B
3. Jika Dijelaskan tentang pengertian Alif lam syamsiyah siswa diharapkan mampu menjelaskan definisi Alif lam syamsiyah dengan benar.
Contoh Soal:
Apabila huruf Alif lam bertemu dengan huruf Qomariyah disebut………
a. Alif lam qomariyah b. Alif lam Syamsiyah
c. Alif lam juhuriyah c. Alif lam Dhuhuriyah
jawab : A
4. Jika diberikan pelajaran tentang Alif lam Qomariyah diharapkan siswa mampu menyebutkan huruf qomariyah dengan benar
Contoh Soal:
Contoh Huruf qomariyah adalah…..
a. س b. ش
c. ك d. ص
Jawab : C
5. Dengan diberikannya pelajaran tentang bacaan Alif lam diharapkan siswa mampu membedakan Alif lam syamsiyah dan Alif lam qomariyah dengan baik dan benar.
Contoh Soal :
Pada bacaan Alif lam Syamsiyah huruf Lam tidak dibaca. Sedangkan pada Aliflam qomariyah harus dibaca ……..
a. Samar b. Dengung
c. tebal d. jelas
Jawab : D
6. Jika diberikan pelajaran tentang sifat – sifat Allah diharapkan siswa dapat menyebutkan sifat – sifat Allah dengan benar.
Contoh Soal:
Diantara sifat – sifat Allah adalah :
a. Ilham b. Al karim
c. Sama’ d. Irhas
Jawab : C
7. Jika diberikan pelajaran tentang sifat – sifat Allah diharapkan siswa dapat memahami arti dari sifat – sifat Allah dengan baik.
Contoh Soal:
Sama’ artinya………
a. Maha Mendengar b. Maha Kaya
c. Maha pengampun d. maha Penyayang
jawab: A
8. Jika diberikan pelajaran tentang Sifat – sifat Allah diharapkan siswa dapat menyebutkan Ayat Al Qur’an tentang sifat wajib bagi Allah dengan benar.
Contoh Soal:
Ayat yang bergaris bawah artinya adalah………..
a. penyayang b. Pengasih
c. mendengar d. berkuasa
Jawab : D
9. Jika diberikan pelajaran Asmaul Husna tentang Al Wahab siswa dapat menjelaskan artinya dengan baik dan benar.
Contoh Soal:
Al Wahab Artinya………
a. Maha perkasa b. maha Pemberi
c. maha Penyayang d. Maha berdiri sendiri
Jawab : B
10. Jika dijelaskan tentang Asmaul Husna diharapkan siswa dapat menyebutkan arti ayat Alqur’an tentang Asmaul Husna dengan benar.
Contoh Soal :
Ayat yang bergaris bawah artinya
a. Ajaklah mereka kejalan yang benar
b. Panggiah yang baik sesuai dengan namanya.
c. Bermohonlah kepadanya dengan asmaul husna.
d. Mintalah kepada Allah dengan benar.
Jawab : C
11. Dengan diberikannya pelajaran tentang Asmaul Husna, diharapkan siswa dapat menyebutkan Asmaul husna dengan benar.
Contoh Soal :
Yang termasuk Asmaul Husna adalah………..
a. Arrohman
b. Al ma’un
c. An nasr
d. Al kautsar
Jawab : A
12. Dengan diberikannya pelajaran tentang Asmaul Husna, diharapkan siswa dapat mengetahui jumlah nama – nama Allah dengan benar.
Contoh Soal :
Jumlah Asmaul Husna ada…
a. 90 b. 89
c. 99 d. 100
jawab : C
13. Dengan diberikannya pelajaran tentang Asmaul husna diharapkan siswa dapat menyebutkan dan memahami arti dari Asmaul husna dengan benar.
Contoh Soal:
Arrohim Artinya ……….
a. maha pengasih b. maha sempurna
c. maha pemberi d. maha penyayang
jawab : D
14. Jika diberikan pelajaran tentang sabar diharapkan siswa dapat memahami tentang sabar dengan baik.
Contoh Soal :
Jika kita mendapat musibah hendaknya kita bersikap ………..
a. Sabar b. Dengki
c. iri d. Zalim
jawab : A
15. Dengan diberikannya pelajaran tentang sabar diharapkan siswa dapat menyebutkan pengertian sabar dengan benar.
Contoh Soal :
Sabar Artinya……..
a. mencemooh orang lain b. Tabah menghadapi cobaan
c. bersikap tenang d. Sopan terhadap sesame
jawab : B
16. Dengan diberikannya pelajaran tentang sabar diharapkan siswa dapat mengaplikasikan sikap sabar dalam kepribadiannya dengan baik.
Contoh Soal:
Jika ada teman yang mengejek sebaiknya kita…………
a. balas mengejek b. Menghajarnya
c. bersabar d. Meninjunya
Jawab C
17. Dengan diberikannya pelajaran tentang sikap taat diharapkan siswa dapat memahami arti taat dengan benar.
Contoh Soal :
Dirumah kita harus taat kepada ………….
a. Adik b. Tetangga
c. Orang tua d. Pembantu
Jawab : C
18. Dengan diberikannya pelajaran tentang Tawadhu diharapkan siswa dapat menjelaskan dan memahami arti tawadhu dengan baik dan benar.
Contoh Soal:
Sikap tawadhu sebaiknya kita lakukan di……
a. Manapun kita berada b. Rumah
c. Sekolah d. Jalan
jawab : A
19. Jika diberikan pelajaran tentang taharah diharapkan siswa dapat menjelaskan arti taharah dengan benar.
Contoh Soal :
Taharah artinya……..
a. menyucikan diri dari hadats
b. menyucikan diri dari najis
c. menyucikan diri sebelum sholat
d. Menyucikan diri dari hadas dan najis
Jawab : D
20. Jika diberikan pelajaran tentang taharah, diharapkan siswa dapat mengaplikasikan taharah dengan baik dan benar.
Contoh Soal :
Dengan Taharah diri kita akan terhindar dari ……..
a. Penyakit dan perbuatan yang tidak baik b. pencurian
c. Perbuatan baik d. Teman baik
Jawab : A
21. Jika diberikan pelajaran tentang wudhu diharapkan siswa dapat menjelaskan pengertian Wudhu dengan benar.
Contoh Soal :
Mencuci Muka, Kedua tangan, dan rambut dan kedua kaki , termasuk bagian dari rukun ………..
a. Shalat b. haji
c. Puasa d. Wudhu
Jawab D
22. Dengan diberikannya pelajaran tentang Wudhu, diharapkan siswa dapat memahami tata cara wudhu dengan baik dan benar.
Contoh Soal :
Dalam berwudhu setelah mencuci muka maka selanjutnya adalah mengusap …………..dengan air suci.
a. Kedua telinga b. Kedua Tangan
c. Kedua kaki d. Rambut
Jawab : B
23. Jika diberikan pelajaran tentang shalat diharapkan siswa dapat menyebutkan shalat wajib dengan benar.
Contoh Soal :
Shalat wajib ada 5 diantaranya…..
a. Shalat Witir b. Shalat Tahajjud
c. Shalat Tarawih d. Shalat Shubuh
Jawab : D
24. Jika diberikan pelajaran tentang shalat, diharapkan siswa dapat menjelaskan dan memahami pengertian Shalat dengan baik dan benar.
Contoh Soal :
Sholat adalah Suatu bentuk Ibadah yang harus dikerjakan oleh setiap …………..
a. Orang Muslim b. Wanita
c. Pria d. Anak anak
Jawab : A
25. Jika diberikan pelajaran tentang Sholat diharapkan siswa dapat menjelaskan rukun sholat dengan benar.
Contoh Soal :
Sholat dikatakan selesai jika sudah diakhiri dengan mengucap ………..
a. iqomah b. Azan
c. Salam d. Takbir
Jawab : C
26. Dengan diberikan pelajaran tentang sholat diharapkan siswa dapat menyebutkan syarat sah wajib shalat dengan benar.
Contoh Soal :
Diantara Syarat sah wajib shalat adalah………..
a. Anak anak b. Baligh
c. Gila d. Mencapai Nisab
Jawab : B
27. Dengan diberikannya pelajaran tentang Tayamum diharapkan siswa dapat menjelaskan pengertian tayamum dengan benar.
Contoh Soal:
Tayamum Diperbolehkan jika :
a. Ada air b. sedang bepergian
c. sedang mandi d. tidak ada air
Jawab : D
28. Dengan diberikannya pelajaran tayamum diharapkan siswa dapat menjelaskan sebab – sebab tayamum dengan benar
Contoh Soal :
Jika seseorang sedang sakit dan tidak boleh terkena air, maka sebagai pengganti wudhu ia diperbolehkan………..
a. Bertayamum b. berwudhu
c. Bertasbih d. Sholat
Jawab : A
29. Jika Diberikan Pelajaran tentang ketentuan shalat wajib diharapkan siswa dapat menyebutkan 13 rukun shalat dengan tertib dan benar.
Contoh soal :
Dibawah ini yang bukan termasuk rukun shalat adalah ……….
a. Takbiratul Ihram b. Sujud
c. Membaca Ayat pendek setelah Fatihah d. Mengucap salam
Jawab : C
30. Dengan diberikannya pelajaran tentang Pengertian shalat berjamaah diharapkan siswa dapat menjelaskan pengertian makmum masbuk dengan benar.
Contoh Soal :
Jika seseorang tertinggal rakaat dalam shalat berjamaah maka ia disebut makmum……..
a. Muwafiq b. Masbuq
c. Shalat d. Berjamaah