USULAN PROGRAM PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU
Setelah kemarin sudah sampai pada lembar pengesahan permohonan bantuan ruang kelas baru nah kali ini kita lanjutkan pada Usulan program pembangunan RKB, sebagai contoh ini adalah review MAS Al-Fata Pasir Agung - Rokan Hulu.
A. Latar Belakang
Madrasah sebagai sebuah lembaga pendidikan Islam dihadapkan pada situasi konkrit revitalisasi dan eksistensi penyebarluaskan ajaran Islam dalam kondisi masyarakat dunia yang dialektik positivisme materialistik. Bagaimana madrasah mampu memberi kontribusi aktif dalam memberikan manfaat terbaik bagi perubahan memerlukan usaha keras dan pemikiran cerdas. Maka sinergitas dari berbagai elemen menjadi suatu keniscayaan yang tak bisa ditawar-tawar. Madrasah sejak awal berdirinya telah banyak memberikan kontribusi dalam menunjang proses pembangunan nasional..
Pada bagian lain, di tengah derasnya arus globalisasi dan ketatnya persaingan pasar bebas, kemampuan dan keterbatasan terutama hal-hal yang berkaitan dengan penguatan dan pembangunan generasi bangsa yang kuat dan sehat, baik itu secara jasmani maupun rohani, materil maupun imateril – sarana dan prasarana yang dimiliki Madrasah masih banyak dibawah standar. Guna mendukung Standar pendidikan nasional serta terwujudnya kegiatan pendidikan yang bermutu. Diperlukan kondisi sarana dan prasarana pendukung yang secara fisik menjadi layak dalam manajemen mutu di Madrasah. Ruang Kelas merupakan sarana yang keberadaannya sangat penting dalam usaha meningkatkan manajemen mutu di Sekolah/Madrasah terutama dalam proses Kegiatan Belajar mengajar (KBM) di Madrasah. MA Al-Fata berdiri diatas areal seluas 1,5 Hektar berlokasi di Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu serta tumbuh ditengah – tengah masyarakat transmigrasi yang begitu membutuhkan sarana pendidikan yang berkualitas dan terjangkau. Untuk memenuhi keinginan tersebut tentulah peran serta pemerintah masih sangat kami butuhkan.
Atas dasar kenyataan itu, dan agar peran serta MA Al Fata di masyarakat lebih optimal dan berdaya saing tinggi, serta demi melahirkan kontribusi yang optimal bagi masyarakat secara luas dalam bidang Ilmu Pengetahuan, maka sebagai pilihan logisnya adalah dengan melakukan pembenahan-pembenahan secara kontiniti diberbagai bidang diantaranya adalah dengan Pembangunan Ruang Kelas Baru , agar bisa memberikan manfa’at bagi siswa-siswi, Tenaga Pendididik/kependidikan serta sebagai upaya peningkatan Manajemen mutu pendidikan sesuai dengan kurikulum 2013 di Madrasah.
B. Tujuan dan Manfaat Pembangunan Ruang Kelas Baru
1. Tujuan
- Tujuan dilaksanakannya Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) di Madrasah Aliyah Al-Fata adalah sebagai berikut
- Mendayagunakan Madrasah dalam spektrum yang lebih luas sebagai media mempersiapkan siswa-siswi menjadi generasi handal dan siap pakai.
- Memenuhi Standar Sarana dan Prasarana madrasah
- Melengkapi sarana pembelajaran.
- Meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan Kabupaten Rokan Hulu
- Meningkatkan Manajemen mutu pendidikan di Madrasah.
- Memberikan kenyamanan dalam proses kegiatan belajar mengajar.
2. Manfaat
Manfaat dilaksanakannya Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) di Madrasah Aliyah Al-Fata adalah sebagai berikut :
- Terwujudnya ruang kelas yang layak pakai dan memenuhi syarat dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
- Meningkatnya mutu pendidikan Islam yang representatif
C. JENIS PEKERJAAN PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU
1. Pekerjaan Persiapan
2. Pekerjaan tanah
3. Pekerjaan Pasangan, Pelasteran, Lantai
4. Pekerjaan Beton
5. Pekerjaan kusen pintu
6. Pekerjaan kuda – kuda dan atap
7. Pekerjaan langit – langit dan plafont
8. Pekerjaan kunci gantungan
9. Pekerjaan listrik
10. Pekerjaan pelaburan dan pengecatan
11. Pekerjaan Sanitair Air hujan
D. URAIAN SINGKAT TENTANG TUJUAN YANG INGIN DICAPAI PADA PENGADAAN RUANG KELAS BARU
1. Tujuan Program
Tersedianya ruang kelas yang sesuai dengan rombongan belajar yang ada di Madrasah Aliyah Al-Fata
2. Kegiatan Program
- Sosialisasi dan pembentukan tim pelaksana pembangunan
- Membuat gambar teknis
- Menyusun rencana anggaran biaya
- Pelaksanaan pembangunan
3. Indikator keberhasilan
- Jumlah rombongan belajar sesuai dengan jumlah ruang kelas yang tersedia
- Siswa dapat melaksanakan proses belajar mengajar dengan ruang kelas yang memadai dan representative.
E. PENUTUP
Demikian proposal ini disampaikan untuk dijadikan bahan pertimbangan, hal-hal yang bersifat teknis dapat dijelaskan kemudian.