Pendidikan Islam di Indonesia

PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Telah kita ketahui bahwa usaha pendidikan Islam sama tujuannya dengan Islam itu sendiri, dan pendidikan Islam tidak terlepas dari sejarah Islam pada umumnya. Karena itulah, periodesasi sejarah pendidikan Islam berada dalam periode-periode sejarah Islam itu sendiri.

Pendidikan Islam tersebut pada dasarnya dilaksanakan dalam upaya menyahuti kehendak umat Islam pada masa itu dan pada masa yang akan datang yang dianggap sebagai kebutuhan hidup (need of life). Usaha yang dimiliki, apabila kita teliti atau perhatikan lebih mendalam, merupakan upaya untuk melaksanakan isi kandungan Al-Qur'an terutama yang tertuang pada surat Al-Alaq: 1-5. Sebagimana hanya Islam yang mula-mula diterima Nabi Muhammad SAW. Melalui Malaikat jibril di gua Hira. Ini merupakan salah satu contoh dari opersionalisasi penyampaian dari pendidikan tersebut.

Prof. Dr. Harudn Nasution, secara garis besar membagi sejarah Islam ke dalam tiga periode, yaitu perode klasik, pertengahan, dan modern.
Selanjutnya, pembahasan tentang lintasan atau periode sejarah pendidikan Islam mengikuti penahapan perkembangan sebagai berikut:

1. Periode pembinaan pendidikan Islam, berlangsung pada masa Nabi Muhammad SAW. Selama lebih kurang dari 23 tahun, yaitu sejak beliau menerima wahyu pertama sebagai tanda kerasulannya sampai wafat.

2. Periode pertubuhan pendidikan, berlangsung sejak wafatnya Nabi Muhammad SAW. Sampai dengan akhir kekuasaan Bani Umaiyah, yang diwarnai oleh penyebaran Islam ke dalam lingkungan budaya bangsa di luar bangsa Arab dan perkembangannya ilmu-ilmu naqli

3. Periode kejayaan pendidikan Islam, berlangsung sejak permulaan Daulah bani Abbasiyah sampai dengan jatuhnya kota Bagdad yang diwarnai oleh perkembangan secara pesat ilmu pengetahuan dan kebudayaan Islam serta mencapai puncak kejayaannya.

4. Tahap kemuduran pendidikan berlangsung sejak jatuhnya kota Bagdad sampai dengan jatuhnya Mesir oleh Napoleon sekirat abad ke-18 M. yang ditandai oleh lemahnya kebudayaan Islam berpindahnya pusat-pusat pengembangan kebudayaan dan peradaban manusia ke dunia Barat.

5. Tahap pembaharuan pendidikan Islam, berlangsungnya sejak pendudukan Mesir Oleh Napoleon pada akhir abad ke-18 M. sampai sekarang, yang di tandai oleh masuknya unsur-unsur budaya dan pendidikan modern dari dunia Barat ke dunia Islam.

Sementara itu, kegiatan pendidikan Islam di Indonesia lahir dan tumbuh serta berkembang bersamaan dengan masuk dan berkembangnya islam di Indonesia. Sesungguhnya kegiatan pendidikan Islam tersebut merupakan pengalaman dan pengetahuan yang penting bagi kelangsungan perkembangan Islam dan umat Islam, baik secara kuantitas maupun kualitas.

Pendidikan Islam itu bahkan menjadi tolak ukur, bagaimana Islam dan umatnya telah memainkan perananya dalam berbagai aspek sosial, politik, budaya. Oleh karena itu, untuk melacak sejarah pendidikan Islam di Indonesia dengan periodisasinya, baik dalam pemikiran, isi, maupun pertumbuhan oraganisasi dan kelembagaannya tidak mungkin dilepaskan dari fase-fase yang dilaluinya.

Fase-fase tersebut secara periodisasi dapat dibagi menjadi;
1. Periode masuknya Islam ke Indonesia
2. Periode pengembangan dengan melalui proses adaptasi
3. Periode kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam (proses politik)
4. Periode penjajahan Belanda (1619 – 1942)
5. Periode penjajahan Jepang (1942 – 1945)
6. Periode kemerdekaan I Orde lama (1945 – 1965)
7. Periode kemerdekaan II Orde Baru/Pembangunan (1966- sekarang)

PENDIDIKAN ISLAM DIMASA AWAL ( RASULULLAH )
Sejak Nabi Muhammad diangkat sebagai Rasul sebagai tanda datangnya Islam sampai sekarang telah berjalan sekitar 14 Abad Lamanya. Pendidikan Islam memang berkembang sejalan dengan kemunculan Islam itu sendiri , atau setelah diutus nabi Muhammad sebagai Rasul. Nabi adalah anggota bani Hasyim. Tahun kelahirannya dinamakan Tahun Gajah. Karena pada waktu itu pasukan Abraha, Gubernur Kerajaan Habsyi (Ethiopia ) dengan menunggang Gajah Menyerbu Makkah Untuk Menghancurkan Ka’bah.
Pendidikan Islam dilakukan setelah mendapat firman Allah, yang dijelaskan dalam surat Al – Mudasir ayat 1 – 7 menyeru yang berarti mengajak , atau mendidik. Pada masa ini pendidikan Islam diartikan pembudayaan ajaran Islam yaitu memasukkan Ajaran – Ajaran Islam dan menjadikannya unsure budaya.

MASA PENDIDIKAN ISLAM ( KHULAFAUR RASIDIN )
Setelah Rasul Wafat , peradaban Islam memberi contoh bagaimana mengendalikan Negara dengan bijaksana . Kebijaksanaan ini adalah politik yang mengandung hikmat, bergerak , berpikir, bertindak, berlaku dan berbuat atau Tehnik Strategi.
Pada Masa Khalifah Umar Bin Khattab, situasi politik dalam keadaan Stabil, dengan meluasnya wilayah Islam sampai keluar Jazirah Arab, Begitu juga pada masa Khalifah Ustman Bin Affan masih Stabil, dan begitu juga seterusnya pada sahabat – sahabat yang lain.

MASA KEJAYAAN PENDIDIKAN ISLAM ( UMAYAH DAN ABBASIYAH)
Dengan Berakhirnya Khulafaurrasidin mulailah kekuasaan Bani Umayah. Selama pemerintahan Muawiyah, daerah kekuasaan Islam meluas sampai ke Lahore si Pakistan. Masa kejayaan ini ditandai dengan berkembangnya kebudayaan islam secara mandiri, dengan berkembang luasnya lembaga pendidikan Islam seperti Madrasah, Universitas Islam.

MASA KEMUNDURAN PENDIDIKAN ISLAM.
Pendidikan Islam Terus Menurun setelah Abad 13 M dan terus melemah sampai abad 18 M dan beberapa sebab kemunduran Islam antara lain :
  1. Telah berkelebihan filsafat Islam ( yang bercorak sufistis ) dimasukkan oleh Al Ghazali dalam alam Islam dan dan berkelebihan pula Ibn Rusyd dalam memasukkan filsafat Islamnya.
  2. Para Khalifah, Sultan, Amir , dan umat Islam melalaikan Ilmu Pengetahuan dan kebudayaan Islam .
  3. banyak terjadi pemberontakan dan serangan dari luar sehingga menyebabkan kehancuran. Dan mengakibatkan berhentinya kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan.

PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM
Jika Sebelumnya Barat dianggap lemah dan kafir dihadapan Islam . namun Akhirnya Umat Islam sangat menghargai dan menjalin kerjasama untuk mengejar ketinggalan Islam dengan kemajuan barat, dengan cara ini akhirnya pendidikan Islam bangkit kembali dengan berdirinya Madrasah bahkan akhirnya sampai ke Indonesia.

PENUTUP

Pendidikan Islam Pada Masa nabi Muhammad adalah awal dari perkembangan pendidikan Islam. Dimana setelah itu dilanjutkan oleh para sahabat – sahabat Nabi dan Penerus – penerus lainnya, Hingga akhirnya menyebar ke seluruh penjuru Dunia dan termasuk juga ke Indonesia.Dengan adanya madrasah – madrasah  dan Pondok pesantren yang ada di Indonesia hal itu membuktikan bahwa Islam di Indonesia begitu besar dan hal itu tidak lepas pada Zaman Nabi Muhammad SAW.
Baca Juga Mengenai Mudharabah
Share on :

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan ketikkan komentar anda disini