Metode Penelitian - Kerangka

METODE PENELITIAN

A.     Waktu dan Tempat Penelitian
Penelitian ini penulis lakukan dimulai pada bulan Januari sampai pada bulan Juli 2010 yaitu selama enam bulan.
Sedangkan tempat penelitian ini penulis mengambil lokasi di SMP Negeri 05 Rambah Kabupaten Rokan Hulu karena objek yang dijadikan penelitian ada di lokasi tersebut.

B.     Subjek dan Objek Penelitian
Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru yang berjumlah tiga orang yang mengajar pendidikan agama islam yang mengajar di SMP Negeri 05 Rambah Kabupaten Rokan Hulu pada siswa kelas VIII sedangkan sebagai objek penelitiannya adalah pelaksanaan metode pemberian tugas dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 05 Rambah Kabupaten Rokan Hulu.

C.     Populasi dan Sampel
22
 
Populasi dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam kelas VIII yang mengajar di SMP Negeri 05 Rambah Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah tiga orang karena populasi tersebut sedikit maka penulis tidak mengambil sampel. Jadi semua populasi diteliti sehingga disebut penelitian populasi.
D.    Teknik Pengumpulan Data
1.      Observasi
Yaitu pengamatan langsung terhadap objek penelitian yaitu sewaktu guru agama islam SMP Negeri 05 Rambah sedang melakukan proses kegiatan belajar mengajar di kelas VIII.
2.      Wawancara
Penulis mengadakan tanya jawab langsung kepada Guru SMP Negeri 05 Rambah yang mengajar di bidang studi Pendidikan Agama Islam tentang pelaksanaan metode pemberian tugas dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
3.      Angket
Yaitu lembaran pertanyaan-pertanyaan yang ditunjukkan kepada siswa kelas VIII sebanyak 56 orang yang mempunyai jawaban alternatif a, b,   dan c  di SMP Negeri 05 Rambah.

E.     Teknik Analisa Data
Mengingat penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif, maka analisa data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif  dengan persentase, adapun caranya, apabila data telah terkumpul, maka di kualifikasikan menjadi dua kelompok yaitu kualitatif dan kuantitatif, terhadap data kualitatif, yaitu data yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat dipisah menurut katagori untuk memperoleh kesimpulan selanjutnya data bersifat kuantitatif yang berwujud angka-angka hasil perhitungan atau pengukuran dapat diproses dengan cara penjumlahan di bandingkan dengan jumlah yang di harapkan dan di peroleh persetansenya dan sedangkan persentasenya tersebut adalah :
76% - 100% (baik)
50% - 75% (kurang baik)
Dibawah 50% (tidak baik)17

F.      Sistematika penulisan
Dalam penelitian ini terdiri dari enam bab, yang secara garis besarnya di jebarkan sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN yang berisi latar belakang masalah, Penegesan Itilah, Permasalahan, Kegunaan penelitian.
BAB II : KAJIAN TEORI yang menjabarkan tentang teori-teori berdasarkan referensi kepustakaan.
BAB III : METODE PENELITIAN yang memuat antara lain, waktu dan tempat Sabjek dan Objek Penelitian, Populasi, Teknik Pengumpulan Data, dan Teknik Analisa Data
BAB IV : TINJUAN UMUM LOKASI PENELITIAN yang memuat antara lain, Sejarah Berdirinya SMP Negeri 05 Rambah Kab. Rokan Hulu, Visi dan Misi, Keadaan Guru dan Pegawai Siswa, Keadaan Saran dan Prasarana, serta Kurikulum yang digunakan.
BAB V : PENYAJIAN DAN ANALISA DATA  yakni data yang dikumpulkan baik melalui observasi, angket, maupun wawancara di analisa, kemudian agar data itu mempunyai makna dan arti, maka sangat di perlukan analisis.
BAB VI : PENUTUP terdiri dari Kesimpulan dan Saran-Saran.

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR RIWAYAT HIDUP



DAFTAR ISI
Halaman
BAB I    PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang Masalah ..................................................................     1
B.     Penegasan Istilah .............................................................................     6
C.     Permasalahan ..................................................................................     7
D.     Tujuan dan Kegunaan Penelitian .......................................................     8

BAB II   KAJIAN TEORI
A.     Konsep Teoritis ...............................................................................   10
B.     Penelitian Yang Relevan ...................................................................   19
C.     Konsep Operasional ........................................................................   20

BAB III                                                                                           METODE PENELITIAN
A.     Waktu dan Tempat Penelitian ...........................................................   22
B.     Subjek dan Objek Penelitian ............................................................   22
C.     Populasi dan Sampel ........................................................................   22
D.     Teknik Pengumpulan Data ...............................................................   23
E.      Teknik Analisa Data ........................................................................   23
F.      Sistematika Penulisan .......................................................................   24

DAFTAR KEPUSTAKAAN


17 Tohirin dan Mas’ud Zein, Op.Cit,  Hal. 16
Baca Juga Budi daya Pisang
Share on :

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan ketikkan komentar anda disini