Supervisi Observasi Kegiatan Pembelajaran


SUPERVISI
OBSERVASI KEGIATAN PEMBELAJARAN


1. Nama Madrasah     : …………………………………………………………………………….
2. Nama Guru            : …………………………………………………………………………….
3. Mata Pelajaran       : …………………………………………………………………………….
4. SK/KD                  : …………………………………………………………………………….
5. Semester/Kelas      : …………………………………………………………………………….
6. Jam Pelajaran ke    : …………………………………………………………………………….

No
Aspek Yang dinilai
Jawaban
Nilai
Keterangan
Ya/Ada
Tidak
I











II
PERSIAPAN
1. Persiapan Semester
2. Program Satuan Pelajaran.
a. Perumusan Kompetensi dasar
b. Perumusan Indikator  kompetensi
c. Penjabaran materi
d. Alat/bahan pengajaran
e. Langkah – langkah PBM
f.  Penilaian
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
A.     PENDAHULUAN
1. penampilan guru
2. Apersepsi/ motivasi
3. Penggunaan Bahasa
B.     PENGEMBANGAN
1. Penguasaan materi
2. penyajian sesuai dengan urutan materi
3. penggunaan bahasa Indonesia
C.     PENERAPAN DAN PENUTUP
1. tes proses belajar
2. Daya serap
3. Resume
4. Tugas siswa
5. pelaksanaan sesuai dengan alokasi waktu
6.  mengahiri pelajaran dengan baik.




JUMLAH NILAI




PEDOMAN PENILAIAN
OBSERVASI KEGIATAN PEMBELAJARAN

NO
KOMPONEN
PENILAIAN
NILAI
MAKS
JUMLAH
I
PERSIAPAN
1.        Persiapan semester






2.        Program pembelajaran
a.        Kompetensi dasar
b.       Indokator kompetensi




c.        Penjabaran materi


d.       Alat/bahan pelajaran


e.        Langkah – langkah PBM
f.         Penilaian

KEGIATAN PEMBALAJARAN
A.      PENDAHULUAN
1.        Penampilan Guru
2.        Persepsi/motiasi



3.        Penggunaan Bahasa Indonesia

B.       PENGEMBANGAN
1.        Penguasaan materi


2.        penyajian sesuai dengan urutan materi

3.        metode / pendekatan



4.        penggunaan alat Bantu


5.        partisipasi siswa terhadap



6.        bimbingan terhadap siswa
7.        Teknik bertanya.


C.       PENUTUP
1.        Tes Proses Belajar


2.        Daya Serap








3.        Resume


4.        Tugas siswa


5.        Pelaksanaan sesuai dengan alokasi waktu

6.        Mengahiri pelajaran dengan baik



Memuat :
*       Alokasi waktu
*       PB/PSB
*       Tes Proses, Ulangan Harian,Ulangan Umum



40
30
30


*       Disalin dari silabus
*       Membuat :
P       Rumusan Sepesifik
P       Menggunakan kata operasional
P       Dapat diukur/dibuat norma penilaian
*       Membuat bahan/materi yang esensial yang berkaitan dengan kompetensi dasar
*       Alat/bahan pelajaran dari sekolah dan yang dibuat oleh guru yang bersangkutan
*       Pendekatan dengan metode bervariasi
*       Membuat butir – butir soal untuk mengukur tercapai tidaknya indicator kompetensi.


20

20
20
20

60


40


60

60
100

*       Rapi, bersih, ceria dan disiplin
*       Mengingatkan kembali atas pelajaran yang lalu dan mengemukakan pentingnya bahan tersebut
*       Menggunakan bahasa Indonesia yan disempurnakan
*       Menghidari penggunaan istilah bahasa asing dan bahasa pasaran.
*       Menguasai bahan pelajaran yang akan disajikan tanpa melihat catatan/buku pegangan.
*       Sistematika penyajian sesuai dengan urutan materi dan berkesinabungan dengan teratur.
*       Metode penyajian sesuai dengan mata pelajaran dan bervariasi
*       Pendekatan keterampilan proses CBSA
*       Menyiapkan alat dengan melibatkan siswa
*       LKS
*       Perbandingan kegiatan guru dan siswa :
60:40
70:30
80:30
*       Ada usaha membimbing siswa yang mengalami kesulitan belajar
*       Pernyataan hendaknya menjauhi jawaban berupa koor

40
40


10

10

40


40


40

40

20

20
20




40

40
300

*       Mengadakan pertanyaan mengacu kepada tercapainya tujuan pembelajaran khusus
*       Tes proses belajar tercapai 75 % perorangan dan 85% kolektif.







Ø   Resume dibuat bersama siswa   yang merupakan inti sari dari tatap  muka.
*       Pemberian tugas yang baik mengenai waktu maupun jenisnya.
*       Target kurikulum tercapai sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.

50


50








40


20


30


10
400




200
Jumlah Nilai Seluruhnya
1000
1000

Catatan:
1.        Jumlah nilai 1000 diubah menjadi 100 , sehingga nilai tertinggi adalah 100
2.        Nilai angka kwantitatif dirubah menjadi angka kuantitatif
a. A ( amat Baik )          : 91-100
b. B ( Baik )                    : 76 – 90
c. C ( Cukup )        : 1 - 75
Share on :

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan ketikkan komentar anda disini