Supervisi tindakan kelas
SUPERVISI
KUNJUNGAN KELAS
Nama Madrasah : MIN Pasir Agung Semester : …………………
Nama Guru : ……………………. Jam ke : …………………
No
|
ASPEK YANG DINILAI
|
TOTAL
MAKSIMUM
|
PEROLEHAN
NILAI
|
KET
|
I
|
PERSIAPAN
| |||
1. Program Semester
|
30
| |||
2. Rencana Pembelajaran
| ||||
a. Rumusan Indikator Kompetensi
|
10
| |||
b. Penjabaran Materi
|
10
| |||
c. Alat/Bahan Pelajaran
|
20
| |||
d. Langkah Pembelajaran
|
20
| |||
e. Penilaian (PBK)
|
10
| |||
Jumlah
|
100
| |||
II
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| |||
A. PENDAHULUAN
| ||||
1. Penampilan Guru
|
40
| |||
2. Appersepsi/ Motivasi
|
40
| |||
3. Penggunaan Bahasa
|
20
| |||
B PENGEMBANGAN
| ||||
1. Penguasaan Materi
|
50
| |||
2. Penyajian
|
30
| |||
3. Metode/ Pendekatan
|
40
| |||
4. Penggunaan Alat Bantu
|
20
| |||
5. Partisipasi siswa
|
20
| |||
6. Bimbingan siswa
|
20
| |||
7. Teknik Bertanya
|
20
| |||
C. PENUTUP
| ||||
1. Latihan/ Tanya Jawab
|
20
| |||
2. Daya Serap Ketuntasan Belajar
|
30
| |||
3. Resume/ Kesimpulan
|
30
| |||
4. Tugas/ Resitasi
|
10
| |||
5. Kesesuaian dg. Alokasi Waktu
|
10
| |||
Jumlah
|
400
| |||
Total Nilai
|
500
|
Kesimpulan : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Saran : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Pasir Agung, ……………..2009
Supervisor
Nizar Rofiki, S.Ag
NIP. 150304059
PENGAMATAN
PROSES PEMBELAJARAN
I IDENTITAS PROSES PEMBELAJARAN YANG DIAMATI
1. Nama Madrasah : ………………………………………….
2. Alamat Madrasah : ………………………………………….
………………………………………….
………………………………………….
3. Nama Pengawas/Supervisor : ………………………………………….
4. Nama Guru : ………………………………………….
5. Mata Pelajaran yang Diajarkan : ………………………………………….
6. Pokok Bahasan : ………………………………………….
7. Standar Kompetensi : ………………………………………….
………………………………………….
………………………………….............
8. Indikator Kompetensi : ………………………………………….
………………………………………….
………………………………………….
9. Kelas : ………………………………………….
10. Semester : ………………………………………….
11. Waktu : ………………………………………….
II. ASPEK YANG DIAMATI
Berilah tanda pada kolom yang sesuai dengan penilaian anda, dan catatlah hal-hal
Penting yang berhubungan dengan aspek yang diamati pada kolom keterangan.
1 = tidak ada 2 = kurang baik 3 = cukup baik 4 = baik 5 = sangat baik
NO
|
ASPEK YANG DIAMATI
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
KET.
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
A. PERSIAPAN MENGAJAR
Bagaimana persiapan guru mengenai :
Analisa Materi Pelajaran ( AMP ) ?
Program Tahunan ?
Program Semester ?
Program Satuan Pelajaran ?
Rencana Pengajaran ?
Lembar Kegiatan Siswa ?
Alat, Bahan, atau Media Pembelajaran
| ||||||
8.
9.
10.
11.
|
B. PENDAHULUAN
Apakah guru,
Memotivasi / membangkitkan minat siswa untuk belajar ?
Menghubungkan pelajaran terdahulu yang merupakan prasyarat untuk materi yang akan diajarkan ?
Mengkomunikasikan kompetensi dasar dan indicator kompetensi ?
Menjelaskan alat/bahan yang belum dikenal siswa yang akan digunakan dalam Proses Pembelajaran ?
| ||||||
12.
13.
14.
15
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
25.
|
C. KEGIATAN POKOK
Apakah guru,
Menggunakan alat, bahan atau media pembelajaran ?
Berperan sebagai fasilitator ?
Menyajikan materi pelajaran secara logis atau sistematis ?
Menghubungkan materi pelajaran dengan tekhnologi ?
Menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari – hari ?
Memantau kemajuan / kesulitan belajar siswa ?
Apakah siswa,
Menggunakan alat atau bahan untuk melakukan percobaan ?
Mengenal variable dalam percobaan ?
Aktif dalam diskusi kelompok ?
Mengkomunikasikan hasil pengamatan /percobaan / diskusi / belajar ?
Menyimpulkan hasil pengamatan/percobaan/diskusi/belajar ?
Mengajukan pertanyaan / ide yang berbobot ?
Memberikan lain penerapan pengetahuan yang dipelajari
dalam tekhnologi ?
Memberikan contoh lain penerapan pengerahuan yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari – hari ?
| ||||||
26.
27.
28.
|
D. PENUTUP
Apakah guru,
Membimbing siswa membuat rangkuman ?
Mengajukan pertanyaan untuk mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran ?
Memberikan tugas (pekerjaan rumah) untuk pertemuan berikutnya ?
| ||||||
Artikel Terkait
No comments:
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Post a Comment
Silahkan ketikkan komentar anda disini