Supervisi tindakan kelas


SUPERVISI
KUNJUNGAN KELAS

Nama Madrasah        : MIN Pasir Agung             Semester                : …………………
Nama Guru               : …………………….       Jam ke                   : …………………
Mata Pelajaran          : …………………….       Hari Tanggal           : …………………

No
ASPEK YANG DINILAI
TOTAL
MAKSIMUM
PEROLEHAN
NILAI
KET
I
PERSIAPAN




1. Program Semester
30


2. Rencana Pembelajaran



    a. Rumusan Indikator Kompetensi
10


    b. Penjabaran Materi
10


    c. Alat/Bahan Pelajaran
20


    d. Langkah Pembelajaran
20


    e. Penilaian (PBK)
10


Jumlah
100


II
KEGIATAN PEMBELAJARAN



A. PENDAHULUAN



    1. Penampilan Guru
40


    2. Appersepsi/ Motivasi
40


    3. Penggunaan Bahasa
20


B  PENGEMBANGAN



    1. Penguasaan Materi
50


    2. Penyajian
30


    3. Metode/ Pendekatan
40


    4. Penggunaan Alat Bantu
20


    5. Partisipasi siswa
20


    6. Bimbingan siswa
20


    7. Teknik Bertanya
20


C. PENUTUP



    1. Latihan/ Tanya Jawab
20


    2. Daya Serap Ketuntasan Belajar
30


    3. Resume/ Kesimpulan
30


    4. Tugas/ Resitasi
10


    5. Kesesuaian dg. Alokasi Waktu
10


Jumlah
400


Total Nilai
500



Kesimpulan : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Saran           : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

                                                                                  Pasir Agung, ……………..2009
                                                                                  Supervisor



                                                                                  Nizar Rofiki, S.Ag
                                                                                  NIP. 150304059





PENGAMATAN
PROSES PEMBELAJARAN


I        IDENTITAS PROSES PEMBELAJARAN YANG DIAMATI


1.      Nama Madrasah                                         :  ………………………………………….
2.      Alamat Madrasah                                       :  ………………………………………….
                                                                              ………………………………………….
                                                                              ………………………………………….
3.      Nama Pengawas/Supervisor                       :  ………………………………………….
4.      Nama Guru                                                :  ………………………………………….
5.      Mata Pelajaran yang Diajarkan                   :  ………………………………………….
6.      Pokok Bahasan                                          :  ………………………………………….
7.      Standar Kompetensi                                   :  ………………………………………….
                                                                              ………………………………………….
                                                                              ………………………………….............
8.      Indikator Kompetensi                                 :  ………………………………………….
                                                                              ………………………………………….
                                                                              ………………………………………….
9.      Kelas                                                         :  ………………………………………….
10.    Semester                                                    :  ………………………………………….
11.    Waktu                                                        :  ………………………………………….







II.     ASPEK  YANG DIAMATI  
                                                     

Berilah  tanda       pada  kolom  yang  sesuai  dengan  penilaian  anda, dan catatlah hal-hal
Penting yang berhubungan dengan aspek yang diamati pada kolom keterangan.

1 = tidak ada       2 = kurang baik       3 = cukup baik      4 = baik      5 =   sangat baik


NO
ASPEK YANG DIAMATI
1
2
3
4
5
KET.



1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
A.  PERSIAPAN MENGAJAR
Bagaimana persiapan guru mengenai :

Analisa Materi Pelajaran ( AMP )    ?
Program Tahunan  ?  
Program Semester  ?
Program Satuan Pelajaran ?
Rencana Pengajaran ?
Lembar Kegiatan Siswa ?
Alat, Bahan, atau Media Pembelajaran









8.
9.

10.

11.

B.   PENDAHULUAN
Apakah guru,
Memotivasi / membangkitkan minat siswa untuk belajar ?
Menghubungkan pelajaran terdahulu yang merupakan prasyarat untuk materi yang akan diajarkan ?
Mengkomunikasikan kompetensi dasar dan indicator kompetensi ?
Menjelaskan  alat/bahan  yang  belum  dikenal  siswa  yang akan digunakan dalam Proses Pembelajaran ?










12.
13.
14.
15
16.

17.

18.
19.
20.
21.

22.
23.
24.

25.

C.    KEGIATAN POKOK
Apakah guru,
Menggunakan alat, bahan atau media pembelajaran ?
Berperan sebagai fasilitator  ?
Menyajikan materi pelajaran secara logis atau sistematis ?
Menghubungkan materi  pelajaran dengan tekhnologi  ?
Menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari – hari  ?
Memantau kemajuan / kesulitan belajar siswa ?
Apakah siswa,
Menggunakan alat atau bahan untuk melakukan percobaan  ?
Mengenal variable dalam percobaan  ?
Aktif dalam  diskusi kelompok ?
Mengkomunikasikan  hasil  pengamatan /percobaan / diskusi / belajar ?
Menyimpulkan hasil pengamatan/percobaan/diskusi/belajar ?
Mengajukan pertanyaan / ide yang berbobot  ?
Memberikan   lain   penerapan  pengetahuan   yang  dipelajari
dalam tekhnologi ?
Memberikan   contoh    lain    penerapan   pengerahuan   yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari – hari   ?








26.
27.

28.
D.    PENUTUP
Apakah guru,
Membimbing siswa membuat rangkuman ?
Mengajukan pertanyaan untuk mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran  ?
Memberikan tugas (pekerjaan rumah) untuk pertemuan berikutnya ?














 
Share on :

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan ketikkan komentar anda disini