Ciri-Ciri Masa Puber Di Tinjau Dari Psikologis


Berikut ini adalah hasil diskusi siswa - siswi MA Al-Fata yang di Presentasikan Oleh siswa kelas II 
Ciri-Ciri Masa Puber Di Tinjau Dari Psikologis
Masa puber adalah antara masa anak memasuki masa dewasa,dan masa ini tidak bisa di tentukan kapan waktunya dan biasanya berlangsung setelah 5 tahun di sekolah berikut cirri-ciri yang dapat dilihat dari segi psikologis mereka:
1.      mulai timbul rasa suka pada lawan jenis sebaya mereka.
2.      anak akan mengalami perubahan prilaku yang sangat mencolok, biasanya anak ang semula terbuka menjadi sangat tertutup.
3.      penerapan tanggung jawab terlihat sangat jelas pada masa ini. Mereka akan melakukan sesuatu tanpa di perintah lagi.inisiatif melakukan pekerjaan terlihat jelas pada masa ini misalnya ketika orang tuanya sibuk mereka akan berinisiatif membantunya.
4.        Ego anak terlihat jelas pada masa ini . mereka akan memberontak bahkan mnentang apa yang di perintahkan jika itu tidak sesuai dengan pendapat dan logika mereka
5.      anak akan diterima oleh  teman sebayanya jika anak tersebut bias menjalani apapun yang di inginkan kelompok mereka.
6.      prilaku anak tidak lagi alami , anak akan memodifikasi prilaku yang dapat membohongi dirinya sendiri.
             Ciri diatas dapat kita lihat pada masa puber dan prilaku di atas sering kita temui pada anak-anak pada masa puber. Pada masa ini mereka memerlukan perhatian yang lebih , jika mereka kurang diperhatikan maka bukan tidak mungkin mereka akan melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri mereka sendiri atau orang lain.
Share on :

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan ketikkan komentar anda disini