Keterkaitan Pendidikan Agama Islam dengan Ilmu Sosiologi



 PERMASALAHAN

Pendidikan Islam merupakan pewarisan dan perkembangan budaya manusia yang bersumber dan berpedoman pada ajaran agama Islam. Munculnya ilmu pendidikan telah memotivasi umat Islam untuk menelusuri syarah pendidikan Islam, teori – teori yang berkaitan dengan dunia pendidikan besar kegunaannya dalam mengumpulkan fakta – fakta sejarah yang selanjutnya menempatkan fakta – fakta tersebut dalam kontak sejarahnya . dengan demikian pembahasan sejarah pendidikan tidak sekedar menempatkan peristiwa – peristiwa yang berkaitan dengan perkembangan dan perjalanan pendidikan islam sesuai dengan urutan – urutan peristiwa . lebih dari itu sejarah pendidikan Islam menuntut pengungkapan realitas social muslim untuk menjawab politik , social dan ekonomi sangat membantu mengumpulkan fakta – fakta sejarah tentang pendidikan Islam.


PEMECAHAN MASALAH

Sejarah pendidikan Islam bukanlah ilmu yang berdiri sendiri namun merupakan bagian dari sejarah pendidikan secara umum , sejarah pendidikan adalah urutan sistematis dari segala sesuatu yang telah dipikirkan dan dikerjakan dalam lapangan pendidikan pada waktu yang telah lampau , sejarah pendidikan menguraikan perkembangan pendidikan dari dahulu hingga sekarang , namun perlu pemilahan sejarah sehingga perlu mempertahankan dan mengembangkan elemen – elemen positif sedangkan elemen negative sebagai sebuah pengalaman dalam bidang pendidikan jangan sampai terulang kembali negatifnya , diera global ini dituntut adanya pendidikan yang mampu think international and act nationally.
Dalam sejarah pendidikan Islam terdapat elemen positif misalnya nilai – nilai sangat sangat penting untuk dikembngkan dalam modernitas , tanpa nilai itu modernitas akan anarkis  dan tidak menghiraukan HAM
Dengan demikian sejarah pendidikan Islam , erat kaitannya dengan beberapa Ilmu antara lain, ilmu sosiologi, ilmu sejarah, dan sejarah kebudayaan.










A.     ILMU SOSIOLOGI
Intereaksi seseorng yang terjadi dalam kehidupan antara individu maupun antara golongan akan menimbulkan suatu dinamika kehidupan , kedinamikaan dan perubahan kehidupan akan bermuara pada terjadinya mobilitas social , proses ini hendaknya berorientasi pada kemaslahatan baik dunia maupun akhirat (al-maslahah Addunya wal Akhirah ) karena kemobilitasan social itu akan berpengaruh pada perkembangan pendek Islam selanjutnya.
Istilah sosiologi pertama kali dikemukakan oleh ahli filsafat , moralis sekaligus sosilologi berkembangsaan perancis Auguste Comte melalui sebuah karyanya berjudul couri de philosophie positive menurutnya sosiologi berasal dari kata latin socius yang artinya teman atau sesame dan logos dari bahasa yunani yang artinya cerita, jadi pada awalnya sosiologi berarti bercerita tentang atau kawan ( Masyarakat )
Menurut Roncek dan Warren sosiologi adlaah ilmu yang mempelajari hubungan  antara manusia dalam kelompok – kelompok.
Menurut Max Webber sosiologi adalah ilmu yang berupaya memehami tindakan tindakan social
Menurut selo soemardjan dan soelaeman soemardi sosiologi adalah ilmu kemasyrakatan yang mempelajari struktur social dan proses . proses social termasuk perubahan social.
Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan memiliki lapangan penyelidikan atau penelitian  sudut pandangan metode dan susunan pengetahuan ,
  1. sosiologi dapat dibedakan menjadi dua pertama sosiologi umum , yakni sosiologi yang tugasnya menyelidiki gejala sosio-kultural secara umum , kedua sosiologi khusus yakni pengkhususan dari sosiologi umum yang tugasnya menyelidiki suatu aspek kehidupan sosio – cultural secara mendalamdan masuk sosiologi pendidikan .
  2. jadi sosiologi pendidikan merupakan sosiologi khusus yang tugasnya menyelidiki struktur dan dinamika proses pendidikan.


DAFTAR PUSTAKA


  1. Vembrianto, Sosiologi Pendidikan , Andi Offsert Yogyakart 1990 hal 3
  2. Ibid hal 4
  3. Idianto, Sosiologi SMA X
Rekontruksi PAI depag.
Share on :

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan ketikkan komentar anda disini