Fungsi dan Tujuan Mapel Bahasa Arab


FUNGSI DAN TUJUAN
1.  Fungsi
Mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah berfungsi sebagai alat komunikasi disamping sebagai bahasa Agama dan ilmu pengetahuan. Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan mata pelajaran pokok di Madrasah, yang selain fungsi-fungsi di atas, juga berfungsi sebagai alat pengembangan diri peserta didik dalam bidang komunikasi, dan ilmu pengetahuan. Dengan demikian mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas, terampil dan berkepribadian luhur serta siap mengambil bagian dalam pembangunan nasional.
Dengan demikian dalam mata pelajaran Bahasa Arab pada jenjang Madrasah Aliyah atau di tingkat atasnya adalah; a) melakukan penyesuaian, b) menghindari keterulangan, dan c) menjaga kesinambungan. Dengan tiga unsur tersebut maka diharapkan tampilnya dimensi pengetahuan, sikap, keterampilan dan nilai pada masing-masing standar kompetensi yang telah dirumuskan baik antar kelas maupun antar jenjang.
2. Tujuan
Program pembelajaran Bahasa Arab secara umum memiliki tujuan agar para peserta didik berkembang dalam hal:
·       Kemampuan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis secara baik.
·       Berbicara secara sederhana tapi efektif dalam berbagai konteks untuk menyampaikan informasi, pikiran dan perasaan, serta menjalin hubungan sosial dalam bentuk kegiatan yang beragam, interaktif dan menyenangkan.
·       Menafsirkan isi berbagai bentuk teks tulis pendek sederhana dan merespon dalam bentuk kegiatan yang beragam, interaktif, dan menyenangkan.
·       Menulis kreatif meskipun pendek sederhana berbagai bentuk teks untuk menyampaikan informasi, mengungkapkan pikiran dan perasaan.
·       Menghayati dan menghargai karya sastra.
·       Kemampuan untuk berdiskusi dan menganalisis teks secara kritis.
·       Perbendaharaan kata Arab fushha sebanyak 1500 kosa kata lebih dalam berbagai bentuk kata dan pola kalimat yang diprogramkan meliputi tema tentang kegiatan sehari-hari, kajian keislaman. Rasionalisasi penguasaan 1500 kosa kata tersebut adalah 300 kata pada jenjang Ibtidaiyah dan 700 kata pada jenjang Tsanawiyah, serta 750 kosa kata pada jenjang Aliyah.
Dengan penguasaan kosa kata dengan kaidah dan pelafalan yang benar sebagaimana tersebut di atas peserta didik diharapkan mampu berbahasa Arab secara reseftif maupun ekspresif.
Share on :

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan ketikkan komentar anda disini