Tujuan dan Fungsi Mata Pelajaran SKI


Mata Pelajaran SKI dalam kurikulum Madrasah Aliyah adalah salah satu bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik untuk mengenal,  memahami, menghayati Sejarah Kebudayaan Islam, yang kemudian menjadi dasar pandangan hidupnya (way of life) melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, penggunaan pengalaman, pembiasaan dan keteladanan.
Mata pelajaran SKI Madrasah Aliyah ini meliputi: sejarah Islam di Andalusia, pemikiran dan gerakan modernisasi dunia Islam, perkembangan Islam di Indonesia dan pembaharuan Islam di Indonesia.
Hal lain yang sangat mendasar terkait dengan SKI adalah kemampuan guru dalam menggali nilai, makna, aksioma, ibrah/hikmah, dalil dan teori dari fakta sejarah yang ada. Jadi SKI tidak saja merupakan transfer of knowledge, tetapi juga merupakan pendidikan nilai (value education).

TUJUAN DAN FUNGSI
1.  Tujuan
Adapun tujuan pembelajaran SKI di MA Sebagai berikut :
1.      Memberikan pengetahuan tentang sejarah Islam dan kebudayaan Islam kepada para peserta didik, agar ia memberikan konsep yang objektif dan sistematis dalam perspektif sejarah.
2.      Mengambil i’tibar, nilai dan makna yang terdapat dalam sejarah.
3.      Menanamkan penghayatan dan kemauan yang kuat untuk mengamalkan ajaran Islam berdasarkan cermatan atas fakta sejarah yang ada.
4.      Membekali peserta didik untuk membentuk kepribadiannya berdasarkan tokoh-tokoh teladan sehingga terbentuk kepribadian yang luhur.

2.  Fungsi
Pembelajaran SKI setidaknya memiliki tiga fungsi sebagai berikut:
a.  Fungsi edukatif
Sejarah menegaskan kepada peserta didik tentang keharusan menegakkan nilai, prinsip, sikap hidup  yang luhur dan Islami dalam menghadapi kehidupan sehari-hari
b.  Fungsi keilmuan
Melalui sejarah, peserta didik memperoleh pengetahuan yang memadai  tentang masa lalu Islam dan kebudayaannya


c.  Fungsi  transformasi
Sejarah merupakan salah satu sumber yang sangat penting dalam proses transformasi masyarakat
Share on :

Artikel Terkait

1 comment:

Silahkan ketikkan komentar anda disini