Kembali ke awal lagi dari canboyz.cocc ke asrofudin.blogspot.com setelah vakum 4 tahun

Belajar ngeblog dari tahun 2008, saya mulai membuat blog ini dengan mendaftar ke blogspot yang pada waktu itu tampilannya masih sederhana dan classic, sebelumnya di tahun 2006 saya sering utak atik hosting sebagai direktori penyimpanan file kecil2 saja seperti jenis script atau file txt. Lalu di akhir tahun 2008 saya coba mulai ngeblog, waktu itu saya sedang kuliah di salah satu Sekolah tinggi di Rokan Hulu, meski pada semester 8 yang harusnya tinggal menyelesaikan skripsi, eh malah saya keluar tanpa alasan. hehe (jangan ditiru). 

Dulu blog ini URLnya adalah www. canboyz. co .cc disambung, waktu pertama daftar di co cc gratis, namun ditahun berikutnya harus membayar sekitar 3$ tahun berikutnya semakin bertambah menjadi 5$ dan bertambah terus. Jadi kepikiran gimana coba kalau udah sepuluh tahun bisa jadi 20$ lebih, Bisa kerepotan nantinya haha. Jadinya sekarang kembali lagi keawal yaitu asrofudin.blogspot.com

Google membanned setiap web atau blog yang menggunakan domain co cc ditahun 2012, entah karena apa saya sendiri juga tidak tahu karena waktu itu saya sudah vakum nulis dan mengunjungi blog saya ini. hingga akhirnya di awal tahun 2015 saya mencoba membuka alamat blog saya koq ternyata tidak ditemukan. Waduh jadi bingung nih, hingga akhirnya saya ingat-ingat lagi email yang saya gunakan waktu itu saya bikin email di fadmail.com , trus saya coba buka setelah berkali kali gagal akhirnya 1 bulan kemudian berhasil setelah dapat wangsit hehe. 

Setelah akun saya kembali akhirnya saya ganti template bawaan google dengan sedikit editan biar agak simple dan tidak banyak pernak pernik. jadinya ya seperti inilah wajahnya, Semua itu saya dapat setelah saya banyak membaca tutor diinternet mengenai tekhnik SEO , membuat template dan sebagainya, makanya tidak salah jika blog ini harus kembali ke awal lagi. Ibarat kita bikin blog baru lah

Isi dari blog ini sebenarnya adalah hasil tugas waktu masih kuliah dan bekerja di salah satu Lembaga pendidikan swasta di desa saya. Jadi setelah selesai membuat tugas maupun mengetik surat menyurat, saya publikasikan disini meski sebenarnya ada juga sumber yang saya dapat di Internet. itulah sebabnya ada beberapa kalimat yang mungkin sama dengan artikel yang dimiliki blog lain.

Pengunjung atau Visitor langsung menurun drastis setelah pergantian semua ini, dari sekitar 10K lebih waktu dulu, maklum pengguna Internet tak seheboh sekarang ini, jadi pengunjung segitu sudah banyak waktu dulu, kalau sekarang sekitar 700 s/d 1K saja, bayangkan berapa persen yang turun, banyak banget kan.

Banyak artikel dari blog ini di copy, di share, di simpan di direktori web, di publikasikan ulang dengan sumber yang masih menggunakan domain cocc atau tanpa menyantumkan dari sini, jadinya external link tidak ada lagi sekarang. makanya harus berusaha lagi dari awal. 

Itulah mengapa saya harus berjuang lagi dari awal untuk membangun blog ini, meski banyak artikel yang nongkrong di urutan belakang, mudah-mudahan bisa merangkak naik lagi. Terimakasih sudah membaca curhatan saya ini, biar jelek yang penting buatan sendiri.
Share on :

Artikel Terkait