Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) - Opini

Sebuah Kurikulum yang sudah diterapkan di Indonesia. Meski kemarin sempat akan diganti dengan Kurikulum 2013 (K13). Hal ini banyak sekali menuai dukungan dan kritik dari masyarakat luas, mengenai penetapan sebuah acuan dalam pendidikan Dasar dan menengah di Indonesia. 

Lalu bagaimana dengan KTSP yang sudah sejak lama digunakan dan direvisi terus menerus, kalau pada akhirnya akan diganti dengan Kurikulum baru. Setiap orang pasti akan menebak ini ada sangkut pautnya dengan politik di Indonesia, misalnya dugaan proyek kementerian. Meskipun sebuah Kurikulum dirubah kalau pelaksanaannya juga sama saja dalam tanda kutip adalah pendidik, toh pada akhirnya akan sama saja hasilnya dengan yang kemarin-kemarin.

Melihat hal ini kadang saya pribadi berpikir apakah akan selamanya tetap begini? lalu dibagian manakah yang harus dibenahi?, Sebuah tanda tanya besar bagi kita mengenai hal ini. 

Pemerintah saja tidak akan cukup tanpa ada dukungan dan kerjasama dari masyarakat khusunya Lembaga pendidikan dalam mengatasi hal ini. Oleh karena itu Setiap lembaga pendidikan diharapkan mampu untuk memperbaiki dalam hal Perancangan, Pelaksanaan dan juga Evaluasi dalam pembelajaran.

Kebutuhan Sarana dan Prasarana adalah cerita lama yang sampai saat ini menjadi kendala bagi sekolah/ madrasah. Pemerintah seringkali mengupayakan adanya bantuan ke Lembaga pendidikan, namun hal ini belum tentu akan teralisasi dengan baik. Setiap lembaga diminta membuat proposal pengajuan bantuan, yang kadang pada akhirnya tidak kunjung turun, entah karena proposal tidak memenuhi syarat, adanya LP fiktif, atau sengaja dipindahkan. dan sebagainya.

Selanjutnya bagaimana kita akan menyikapinya?,,, kita lihat saja episode berikutnya..
Share on :

Artikel Terkait