Fasilitas Internet Menjadi Kendala di Setiap Sekolah

Setiap sekolah maupun madrasah sekarang ini pasti membutuhkan fasilitas internet. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya pendataan via online baik untuk Personal maupun Sarana dan Prasarana. Itulah mengapa Internet menjadi sebuah kebutuhan dizaman sekarang ini. Apalagi setiap guru wajib bisa menggunakannya, baik sebagai media pembelajaran maupun mencari informasi.

Apakah setiap sekolah sudah memiliki fasilitas tersebut?
Jawabannya tentu tidak, hal ini dapat kita lihat pada daerah pedesaan, bahkan pedalaman yang sama sekali jauh dari jangkauan internet, meskipun ada itupun melalui jaringan seluler yang masih EDGE dengan kecepatan maksimum 256kbps/detik. Untuk membuka search engine saja lamanya minta ampun, apalagi untuk membuka youtube.

Minimnya fasilitas tersebutlah yang menjadi kendala bagi warga sekolah, khususnya di pelosok desa untuk memperoleh informasi terupdate maupun dalam pengiriman data ke pusat. Jadi tidak heran kalau pendataan sekolah menjadi terhambat.

Pendataan online saat ini sangat bervariasi, seperti adanya Dapodik, Padamu negeri, Emis pendis, yang kesemuanya bersifat wajib bagi semua lembaga pendidikan Dasar dan menengah. Lalu bagaimana dengan upaya pemerintah dalam menangani hal ini?.. Sebuah tanda tanya besar tentunya bagi kita semua.

Indonesia adalah salah satu negara besar dengan akses internet paling lambat didunia. Jadi tidak heran info yang diterima juga lambat. Meski begitu banyak warga Negara Indonesia yang hijrah keluar negeri sebagai staf ahli di bidang IT yang sebenarnya bisa menjadi SDM untuk meningkatkan akses internet kita. Lagi lagi pemerintah yang harus ditanya mengapa?

Sekarang semua sudah serba online, bagaimana selanjutnya pendidikan di Indonesia dengan kebutuhan tersebut. Apakah akan tetap menjadi kendala bagi setiap sekolah. atau justru akan membangun setiap sekolah untuk menjadi lebih maju?
Share on :

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan ketikkan komentar anda disini