makalah psikologi agama dan Pengertiannya



  1. PENGERTIAN PSIKOLOGI
  1. Psikologi adalah studi mengenai Ruh
  1. Psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai kehidupan mental.
  1. psikologi adalah ilmu pengetahuan menganai perilaku organisme.
  1. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan.
  1. psikologi adalah studi yang mempelajari hakikat manusia.
  1. psikologi adalah ilmu yang mempelajari respon yang diberikan oleh makhluk hidup terhadap lingkungannya.
  1. PENGERTIAN AGAMA
  1. Pengakuan terhadap adanya hubungan manusia dengan kekuatan ghaib yang harus dipatuhi.
  1. pengakuan terhadap adanya kekuatan ghaib yang menguasai manusia.
  1. mengikat dari ada suatu bentuk hidup yang mengandung pengakuan pada suatu sumber yang berada diluar diri manusia dan yang mempengaruhi perbuatan – perbuatan manusia.
  1. kepercayaan pada suatu kekuatan ghaib yang menimbulkan cara hidup tertentu
  1. suatu system tingkah laku ( ade of conduct ) yang berasal dari sesuatu kekuatan ghaib.
  1. Pengakuan terhadap adanya kewajiban – kewajiban yang diyakini bersumber pada suatu kekuatan ghaib
  1. pemujaan terhadap kekuatan gaib yang timbul dari perasaan lemah dan perasaan takut terhadap kekuatan misterius  yang terdapat pada alam sekita manusia.
  1. ajaran – ajaran yang diwahyukan tuhan kepada manusia melalui seorang rasul ( Harun Nasution)
  1. PENGERTIAN PSIKOLOGI AGAMA

Telah kita kenal Psikologi adalah “ Ilmu Jiwa” istilah psikologi berasal dari bahasa Inggris “Psychology” merupakan dua akar kata yang bersumber dari bahasa greek ( yunani ) yaitu psych yang artinya jiwa dan logos yang artinya “ Ilmu jiwa”

Menurut Bruno ( 1987) dalam Syah (1996:8) membagi pngertian psikologi menjadi tiga bagian yang pada prinsipnya saling berkaitan


Sarwono ( 1976) juga mengamukakan beberapa definisi  psikologi.


Sujito (1985-1) menyatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari atau menyelidiki pernyataan – pernyataan jiwa

Jadi dari beberapa definisi diatas dapat dirumuskan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku individu ( manusia ) dalam interaksi dengan lingkungannya.

Psikologi secara umum mempelajari gejala kejiwaan manusia yang berkaitan dengan pikiran ( cognisi ), perasaan ( emotion ) dan kehendak ( conasi )

Psikologi secara umum dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari gejala jiwa manusia yang normal , dewasa dan beradab ( jalaluddin, et, al, 1979.77 )

Menurut Robert H. Thouless Psikologi sekarang dipergunakan secara umum untuk ilmu tentang tingkah laku dan pengalaman manusia .

Jadi definisi psikologi secara umum yaitu meneliti dan mempelajari kejiwaan yang ada dibelakangnya. Karena jiwa itu sendiri bersifat abstrak.


Agama adalah masalah yang mneyangkut dengan masalah yang berhubungan dengan kehidupan batin manusia. Agama sebagai bentuk keyakinan memang sulit untuk diukur secara tepat dan rinci.

Agama mengandung arti ikatan yang harus dipegang dan dipatuhi oleh manusia.
Secara definitive menurut harun nasution agama adalah :




Dari pengertian psikologi dan pengertian agama . dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi agama adalah ilmu yang mempelajari gejala – gejala kejiwaan manusia yang berkaitan dengan pikiran , perasaan dan kehendak yang bersifat abstrak yang mneyangkut dengan masalah yang berhubungan dengan kehidupan bathin ,manusia yang mempengaruhi perbuatan – perbuatan manusia dan menimbulkan cara hidup manusia atau ajaran – ajaran yang diwahyukan  tuhan kepada Mnusia melalui seorang rasul.

Menurut Prof Dr. Zakiah Daradjat. Psikologi agama adalah cabang dari psikologi yang meneliti dan menelaah kehidupan beragama pada seseorang dan mempelajari seberapa besar pengaruh keyakinan agama itu dalam sikap dan tingkah laku serta keadaan hidup pada umumnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa psikologi agama, adalah ilmu yang  mempelajari tingkah laku makhluk hidupmengenai kehidupan beragama pada seseorang dan mempelajari seberapa besar pengaru keyakinan beragama serta keadaan hidup pada umumnya.
Pengertian psikologi agama ini diambil dari Buku Psikologi Agama . Karangan Prof. Dr. H. Jalaluddin edisi 1 revisi 2005.

Share on :

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan ketikkan komentar anda disini