Pengertian Tes Tindakan di Sekolah


TES TINDAKAN

 A.pengertian.

            Tes perbuatan atau tindakan pada umumnya digunakan untuk mengukur taraf kompetensi yang bersifat keterampilan atau psikomotorik dimana penilaianya di lakukan terhadap proses penyelesaian tugas dan hasil akhir yang dicapai oleh siswa setelah melaksanakan tugas tersebut.
Tujuan utama dari tes ini adalah mengukur keterampilan siswa dalam melakukan yang diminta untuk memperbuatnya maka sebaiknya pelaksanaan tugas tersebut dilakukan secara individual. Hal ini bermaksud supaya masimg-masing individu yang dites dapat diamati sejauh mana  keterampilanya dalam melaksanakan tugas.

B. pedoman penyusunan
            Anas sudijono memberikan saran hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan tes tindakan ini adalah sebagai berikut :
1.      tester harus mengamati secara teliti cara yang ditempuh oleh teste dalam menyelesaikan tugas yang telah ditentukan.
2.      agar dapat dicapai kadar objekifitas setinggi mungkin hendak nya tester jangan berbicara atau berbuat sesuatu yang dapat memeengaruhi  testee yang sedang melaksanakan tugas tersebut.
3.      dalam mengamati testee yang sedang melaksanakan tugas itu,hendak nya tester telah menyediakan instrumen berupa lembar penilaian yang didalamnya telah  ditentukan hal-hal apa sajakah yang harus diamati.



Contoh : penilaian  tes tindakan dalam hal keterampilan praktek mengajar :

No
Unsur –Unsur yang diperiksa/ diamati
skor




1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Peguasaan bahan pengajaran.
Keterampilan membuka pelajaran
Gaya dan antusiasma dalam mangajar
Pemberian motivasi
Bahan ilustrasi dan contoh
Kualitas penjelasan
Cara mengajukan pertayaan
Pemberian tugas
Disiplin kelas
Cara menjawab pertayaan anak





1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
4
4
4
4
4
4
4
4
4
4
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5



Dari tabel ini ada sepuluh unsur yang akan dinilai dengan skor yang paling tinggi itu lima (5 ) dan skor yang paling rendah itu satu (1) penilaian yang dilakukan dengan jalan observasi secara langsung praktek mengajar.
c. penskoran 
setelah intrumen diatas disiap kan untuk menilai keterampilan praktek mengajar seorang mahasiswa dengan cara melingkari salah  satu angks yang terdapat pada kolom skor tentu saja sesuai dengab kemampuannya,kemudian dijumlahkan hasil keseluruhan skor kemudian di bagi dengan jumlah aspek yang dinilai.
Share on :

Artikel Terkait