Pengertian Tes Tindakan di Sekolah
TES TINDAKAN
A.pengertian.
Tes perbuatan atau tindakan pada umumnya digunakan untuk mengukur taraf kompetensi yang bersifat keterampilan atau psikomotorik dimana penilaianya di lakukan terhadap proses penyelesaian tugas dan hasil akhir yang dicapai oleh siswa setelah melaksanakan tugas tersebut.
Tujuan utama dari tes ini adalah mengukur keterampilan siswa dalam melakukan yang diminta untuk memperbuatnya maka sebaiknya pelaksanaan tugas tersebut dilakukan secara individual. Hal ini bermaksud supaya masimg-masing individu yang dites dapat diamati sejauh mana keterampilanya dalam melaksanakan tugas.
B. pedoman penyusunan
Anas sudijono memberikan saran hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan tes tindakan ini adalah sebagai berikut :
1. tester harus mengamati secara teliti cara yang ditempuh oleh teste dalam menyelesaikan tugas yang telah ditentukan.
2. agar dapat dicapai kadar objekifitas setinggi mungkin hendak nya tester jangan berbicara atau berbuat sesuatu yang dapat memeengaruhi testee yang sedang melaksanakan tugas tersebut.
3. dalam mengamati testee yang sedang melaksanakan tugas itu,hendak nya tester telah menyediakan instrumen berupa lembar penilaian yang didalamnya telah ditentukan hal-hal apa sajakah yang harus diamati.
Contoh : penilaian tes tindakan dalam hal keterampilan praktek mengajar :
No | Unsur –Unsur yang diperiksa/ diamati | skor | ||||
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 | Peguasaan bahan pengajaran. Keterampilan membuka pelajaran Gaya dan antusiasma dalam mangajar Pemberian motivasi Bahan ilustrasi dan contoh Kualitas penjelasan Cara mengajukan pertayaan Pemberian tugas Disiplin kelas Cara menjawab pertayaan anak | 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 | 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 | 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 | 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 | 5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 |
Dari tabel ini ada sepuluh unsur yang akan dinilai dengan skor yang paling tinggi itu lima (5 ) dan skor yang paling rendah itu satu (1) penilaian yang dilakukan dengan jalan observasi secara langsung praktek mengajar.
c. penskoran
setelah intrumen diatas disiap kan untuk menilai keterampilan praktek mengajar seorang mahasiswa dengan cara melingkari salah satu angks yang terdapat pada kolom skor tentu saja sesuai dengab kemampuannya,kemudian dijumlahkan hasil keseluruhan skor kemudian di bagi dengan jumlah aspek yang dinilai.