Tips Mencari Teman Untuk menjadi Sahabat yang Baik

Mencari teman memang perlu dilakukan dalam kehidupan, terutama bagi para pelajar baik itu disekolah maupun dirumah. Teman yang baik adalah yang bisa menjadi seorang sahabat. Dimana dia bisa memahami tanpa membeda-bedakan status atau batasan tertentu. Misalnya saat kita sedang banyak uang atau terkenal, banyak yang mau berteman dengan kita. Akan tetapi jika kita sedang susah mereka semua meninggalkan dan acuh terhadap kita. Apakah itu masih bisa disebut teman?

Dalam hal teman mungkin ya dan mungkin saja tidak. Akan tetapi jika sahabat hal tersebut diatas sudah jelas bukan. Karena arti seorang sahabat adalah tidak membedakan saat kita sedang sedih maupun sedang galau (bahasa kerennya). Meski begitu teman juga sangat penting, meski belum menjadi sahabat. Sebab jika kita hanya memilih seorang sahabat saja. Hal ini cenderung membuat kta banyak musuh. Oleh sebab itu berikut beberapa tips dalam memilih teman yang baik.

Tips Mencari Teman Untuk menjadi Sahabat yang Baik
Sederhana
Memilih teman yang sederhana adalah hal yang baik bagi kita. Namun bukan berarti sederhana itu adalah teman yang biasa-biasa saja atau bukan orang kaya. Sederhana disini adalah dalam berperilaku sopan, penampilan dan sebagainya. Karena orang yang seperti ini biasanya tidak suka memamerkan barang atau sesuatu yang ia banggakan.

Sepaham
Memiliki sifat dan pemikiran yang sama. Dalam artian memiliki pendapat dan keinginan yang sama. Meski sebenarnya hal ini sulit untuk diketahui. Tapi paling tidak ia mampu untuk memberikan motivasi dan mempunyai ide-ide yang sepaham dengan kita. Sepaham disini bukan berarti dalam ras, suku atau agama, memang sih hal tersebut akan lebih baik. Namun berbeda ras suku dan agama bukan menjadi point utama dalam hal ini. Sebab hal itu bisa menjadi perpecahan diantara kita. 

Bertanggung jawab
Setiap hal yang dilakukan selalu berani untuk bertanggung jawab, Sebab hal inilah yang menjadikan persahabatan menjadi lebih erat. Karena tanggung jawab adalah salah satu contoh sifat yang berjiwa besar.

Berpikir positif
Segala sesuatu yang dilakukan baik itu tingkahlaku maupun perbuatan mengandung sikap yang positif. Hal ini dapat kita lihat dari pernyataan dari teman atau rekan-rekannya, meski tidak bisa dikatakan 100% benar tapi itu bisa menjadi acuan untuk lebih dekat dalam mengikat tali persahabatan. 

Selanjutnya bagaimana cara kita untuk mencari teman seperti kriteria diatas?
Memang tidak ada suatu jawaban yang pasti tentang point tersebut. Karena kita tahu setiap manusia bisa saja berubah seiring dengan berjalannya waktu. Oleh sebab itu berikut yang bisa kita coba untuk mengetahuinya?
  • Lingkungan dimana dia tinggal cukup ramah
  • Kondisi rumah tangga yang baik
  • Kegiatan yang dilakukansehari-hari
  • Teman yang dikenalnya
  • Dan sebagainya.
Mungkin itulah bebera tips yang bisa kita lakukan dalam memilih teman untuk menjadi yang baik, Karena kita semua tahu tidak ada acuan pasti mengenai hal tersebut. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu tentu kita akan lebih berpengalaman dalam mencari teman. 
Terlepas dari semua itu, yang paling utama adalah melihat diri kita sendiri, yaitu Introspeksi diri karena akan sulit sekali mendapatkan sahabat yang baik jika diri kita masih belum memenuhi kriteria menjadi sahabat yang baik. Jadi kesimpulannya adalah semua itu harus kita mulai dari diri kita sendiri, sehingga orang akan memberikan nilai positif kepada kita. Silahkan ditambahkan sendiri untuk tips yang lain di komentar. Semoga bermanfaat.
Share on :

Artikel Terkait