Pendidikan Tradisional dengan Modern

Pendididikan Tradisional dan Modern - Dari dua hal diatas yang mana perbedaanya sangatlah jauh, dimana pendidikan modern mungkin saat ini menjadi pilihan bagi sekolah-sekolah yang ada namun hasil dari kedua bentuk pembelajaran itu juga memiliki perbandingan yang juga tidak kalah jauhnya dari perbedaan diatas.


Dalam system pendidikan tradisional yang kini sudah sangat jarang digunakan lebih banyak menekankan nilai nilai moral dan tatanan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, sehingga lulusan yang dihasilkan bisa dikatakan bisa lebih mapan dan diterima di tengah tengah masyarakat.


Saya sangat prihatin melihat hasil lulusan yang sekarang, sangatlah berbeda dengan lulusan lulus yang jauh diatas saya. Banyak kita temukan saat ini bahwa siswa tingkat XI tidak memahami pancasila dan UUD 45. Jangankan faham hafal saja tidak. Bahkan tidak jarang mereka juga tidak tau lagu Indonesia raya.


Bagi sebagian orang mungkin hal ini bukanlah hal yang penting, tapi disinilah tolak ukur yang bisa dilihat oleh kasat mata bahwa pendidikan modern tetap harus didampingi oleh sytem tradisional.


Saya masih ingat betul bahwa setiap akan melakukan ujian dimanapun bahkan saat akan memasuki dunia kerja, saya dan teman teman selalu mendatangi rumah guru guru kami semasa TK hingga guru-guru kami saat duduk di bangku SMA/ MA/ SMK untuk meminta restu beliau beliau, dan hal yang sama dilakukan oleh senior-senior kami meski saat ini sudah banyak yang berkeluarga.


Hal yang demikian sudah jarang sekali saya temukan. Setelah lulus ya sudah.....bahkan ada sebagian siswa yang menyebut guru - gurunya dengan sebutan "BEKAS GURUKU" hal yang sangat menyakitkan untuk didengar. System pendidikan yang bagaimanakah yang harus kita terapkan di dunia pendidikan kita dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Kalau saya pribadi adalah menggabungkan keduanya, dan berusaha menjadi seorang guru yang disegani bukan ditakuti.
Pendidikan Tradisional dengan Modern
 PERBANDINGAN PENDIDIKAN MODERN DENGAN PENDIDIKAN TRADISIONAL

Pendidikan Tradisional :


  1. Guru berbicara murid menyimak
  2. One man show dimana guru menjadi satu-satunya pelaku pendidikan
  3. Tatanan bangku berurut
  4. Masih diberlakukan bentuk hukuman fisik bagi siswa yang tidak taat

Pendidikan Modern :


  1. Guru sebagai fasilitator
  2. Peserta didik juga pelaku pendidikan
  3. Memanfaatkan perkembangan media pembelajaran
  4. Tidak melakukan hukuman fisik
  5. Tempat pembelajaran bisa dimana saja

PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN TRADISIONAL DENGAN MODERN


Jepang membuat kejutan baru. Kali ini berkaitan dengan sistem dan prestasi di bidang pendidikan. Banyak pengamat pendidikan dan pembangunan di Amerika Serikat melihat bagaimana sistem pendidikan di Jepang telah berhasil mencetak tenaga kerja dengan semangat, motivasi dan watak yang "pas" bagi pembangunan. Sebagai suatu masyarakat yang sepenuhnya mengakui peran pendidikan dalam pembangunan, para ahli di A.S. mulai menengok sistem pendidikan di Jepang, sekaligus mengevaluasi sistem pendidikan di,A.S. sendiri. Maka dibentuklah team Jepang dan A.S. yang bertugas untuk mengevaluasi pertemuan antara Reagan dan Nakasone pada tahun 1983. Pada tanggal 4 Januari tahun 1987, secara serentak di kedua lbu Kota negara diumumkan hasil kerja team tersebut.


Team Amerika Serikat mengumumkan 128 halaman laporan yang oleh seorang pejabat di kantor pendidikan di Washington disebut sebagai suatu potret sistem pendidikan yang canggih. Dalam laporan tersebut, sebagaimana dikutip oleh Newsweek, 12 Januari 1987, dikemukakan bahwa murid-murid di Jepang diperkirakan mempunyai IQ yang tinggi, buta huruf sudah tidak dikenal lagi. Di samping itu berdasarkan tes yang telah distandardisir secara internasional ternyata murid-murid SMA di Jepang memiliki skore di bidang matematik dan sain lebih tinggi dari pada murid-murid SMA di A.S. Tambahan lagi, penelitian ini mempertebal keyakinan para pengamat bahwa pendidikan di Jepang telah memainkan peran yang penting dan sangat menentukan dalam pembangunan ekonomi negara pada dua puluh lima tahun terakhir ini.

A. Antara Menghafal dan Berfikir


Dimana letak kehebatan sistem pendidikan di Jepang ? Para ahli dan pengamat pendidikan boleh kecewa. Ternyata sistem pendidikan Jepang, kalau dilihat dengan kacamata teori pendidikan barat, bisa dikategorikan sebagai suatu sistem pendidikan tradisional. Pemerintah pusat memegang kontrol pendidikan, termasuk menentukan kurikulum yang berlaku secara nasional baik bagi sekolah negeri ataupun sekolah swasta. Pengajaran menekankan hafalan dan daya ingat untuk menguasai materi pelajaran yang diberikan. Materi pelajaran diarahkan agar murid bisa lulus ujian akhir atau test masuk ke sekolah lebih tinggi, tidak mengembangkan daya kritis dan kemandirian murid. Semua murid diperlakukan sama, tidak ada treatment khusus untuk murid yang tertinggal.


Sekolah menekankan pada diri murid sikap hormat dan patuh kepada guru dan sekolah. Dengan singkat sistem pendidikan Jepang dapat dikatakan suatu sistem pendidikan yang "kaku, seragam dan tiada pilihan bagi anak didik". Di fihak lain, sebanyak 78 halaman laporan team Jepang antara lain menyatakan pujiannya atas fleksibilitas sistem pendidikan Amerika Serikat. Di samping itu, juga disebut dan bahwa meski anak didik di Jepang memiliki prestasi lebih tinggi dari pada prestasi anak Amerika, namun hal itu dicapai dengan pengorbanan yang tidak ringan. Antara lain murid-murid di Jepang tidak bisa "menikmati" enaknya sekolah.


Sebab dari waktu ke waktu anak didik di Jepang dikejar-kejar oleh pekerjaan rumah, ulangan dan ujian. Hasilnya murid-murid Amerika lebih independent dan innovative dalam berfikir, dan juga sudah barang tentu lebih bahagia dibandingkan dengan anak-anak didik di Jepang. Namun demikian, kuranglah tepat kalau secara tegas ditarik kesimpulan bahwa sistem pendidikan yang menekankan disiplin dan hafalan serta daya ingat sebagaimana yang diterapkan di Jepang lebih hebat dari pada sistem pendidikan yang menekankan kebebasan, kemandirian dan kreatifitas individual sebagaimana yang diterapkan di Amerika Serikat.


Dibalik sistem pendidikan di Jepang yang kaku dan seragam tersebut sebenarnya ada beberapa hal yang patut dicatat. Pertama, dengan menegakkan disiplin patuh terhadap guru dan sekolah menyebabkan anak didik di Jepang secara riil menggunakan waktu sekolah lebih besar dari pada anak-anak sekolah di Amerika Serikat. Kedua, sistem pendidikan di Jepang telah berhasil melibatkan orang tua anak didik dalam pendidikan anak-anaknya. lbu, khususnya senantiasa memperhatikan, memberikan pengawasan dan bantuan belajar kepada anak-anaknya. Tambahan lagi, lbu-ibu ini terus secara berkesinambungan membuat kontak dengan para guru. Ketiga, di luar sekolah berkembang kursus-kursus yang membantu anak didik untuk mempersiapkan ujian atau mendalami mata pelajaran yang dirasa kurang. Keempat, status guru dihargai dan gaji guru relatif tinggi. Hal ini mengakibatkan pekerjaan guru mempunyai daya tarik.


Di fihak lain, pendidikan di Amerika tidaklah sebagaimana digambarkan orang, dimana anak didik mempunyai kesempatan yang luas untuk mengembangkan kreatifitasnya. Penelitian nasional yang dilakukan oleh Goodlad yang kemudian diterbitkan menjadi buku yang berjudul "A Place called school" ternyata menunjukkan sesuatu yang lain. Antara lain disebutkan ternyata hanya sekitar 5 % dari waktu jam pelajaran yang digunakan untuk berdiskusi. Sebagian besar waktu, sekitar 25 % untuk mendengarkan keterangan guru, sekitar 17 % waktu untuk mencatat dan sisa waktu yang lain untuk praktek, mempersiapkan pekerjaan dan test. Jadi dengan kata lain, sistem pendidikan di Amerika tidak sepenuhnya berjalan sebagaimana dicita-citakan para ahli.

B. Kiblat Pendidikan


Membaca laporan kedua team di atas, setidak-tidaknya memberikan nuansa baru. Yakni bahwa sistem pendidikan untuk suatu bangsa harus sesuai dengan falsafah dan budayanya sendiri. Mengambil alih suatu sistem atau gagasan dibidang pendidikan dari bangsa lain harus dikaji penerapannya dengan latar belakang budaya yang ada. Sebagai contoh, sekarang ini dunia pendidikan Indonesia sedang dilanda semangat untuk mengetrapkan sistem pengajaran yang menekankan "proses", dengan metode pengajaran yang disebut "Inquiry Teaching Method". Metode ini sangat ampuh untuk meningkatkan critical thinking anak didik. Tapi dalam praktek metode ini sulit untuk bisa diterapkan di kelas kelas di Indonesia. Mengapa ? Sebab metode ini menuntut adanya suasana yang bebas di kelas dan anak didik memiliki semangat untuk mencari kebenaran dan keberanian untuk mengutarakan gagasannya. Dan hal ini yang belum dimiliki oleh kelas-kelas dinegara kita. Oleh karena itu gagasan menerapkan metode inquiry perlu didahului mengembangkan kondisi-kondisi yang diperlukan. Misalnya dengan mulai menerapkan di tingkat sekolah dasar kelas satu. Atau, malahan sebaliknya, lebih baik memantapkan pelaksanaan pengajaran dengan metode yang sudah dikenal tetapi sebenarnya belum dilaksanakan sebagaimana mestinya. Sebagaimana yang pernah penulis temui pada suatu pertemuan dengan guru-guru sekolah menengah yang menyatakan "Apakah tidak sebaiknya kita mencoba untuk mengembangkan bagaimana cara mengajarkan dengan metode ceramah yang efektif, dari pada menggunakan metode baru yang masih sangat asing ?" Nampaknya, kiblat pendidikan tidak hanya Amerika Serikat, kita perlu berkiblat juga ke Jepang dalam rangka menyusun dan mengembangkan sistem pendidikan yang cocok dengan falsafah dan budaya Indonesia.


Penulis tidak bermaksud membandingkan keduanya karena keterbatasan informasi yang di peroleh. Ide menulis didapat karena keterlibatan penulis dalam jajaran tenaga pendidik disebuah pesantren yang ada di tempat tinggalnya.


Sepengetahuan penulis, pondok pesantren sekarang ini dimasukkan dalam satuan pendidikan oleh Departemen Agama sama dengan tingkatan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Untuk tingkat dasar dalam pesantren dikenal tingkatan Ula (setara MI) dan Wustha (setara MTs). Sebagai konsekwuensi dari disamakannya status pondok pesantren dengan lembaga pendidikan formal agama maka dikeluarkanlah dana dari pemerintah ke lembaga / yayasan suwasta sebagai dana Bantuan Operasional Sekolah bagi pondok pesantren yang menerapkan pendidikan tingkat dasar. Pondok pesantren di daerah terpencil yang masih mengandalkan partisipasi masyarakat dalam operasionalnya tentunya mendapatkan setetes embun ditengah kehausan menerima dana BOS tersebut.


Mata pelajaran umum diterapkan. Pada awalnya, mata pelajaran yang diterapkan pada lembaga pendidikan pondok pesantren tidak menerapkan mata pelajaran lain selain pelajaran agama yang meliputi akhlak, tauhid, al-quran, dll. Namun kini pondok pesantren yang menerima dana dari pemerintah wajib memberikan pendidikan umum seperti Matematika, IPA, B. Inggris, PPKn, dll. Para santri harus menempuh Ujian Nasional (UN) pada akhir pendidikan mereka agar mendapat ijazah nasional yang diakui oleh pemerintah sebagai bukti tamat pendidikan.


Pondok pesantren modern kebanyakan telah memberikan mata pelajaran umum seperti sekarang ini sebelum diwajibkan oleh Departemen Agama. Sebagai contoh, pelajaran Bahasa Inggris adalah pelajaran bergengsi bagi pondok pesantren modern sebagai daya tarik bagi para orang tua untuk mendaftarkan anak mereka. Lulusan Ponpes terkenal jago dalam dua bahasa yaitu Arabic dan English. Jam mata pelajaran umum pun ditambah dengan tidak mengurangi jam mata pelajaran agama. Jam belajar santri bertambah, sehingga jam belajar para santri lebih banyak daripada siswa. Kurikulum diterapkan dengan adanya Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pendidikan (RPP) yang tersusun dan terencana. Para santri mendapat materi dan jadwal belajar yang tepat waktu sesuai dengan kalender pendidikan. Perubahan itu membuat Ponpes mengalami kemajuan yang siknifikan dengan menghasilkan para santri yang bermutu. Kita menyebutnya dengan Pesantren Modern.


Lain halnya dilingkungan Ponpes dimana penulis saat ini terdaftar sebagai tenaga pendidik mata pelajaran umum. Yayasan mencantumkan nama penulis sebagai tenaga pendidik seperti tenaga guru lainnya sebagai syarat menerima bantuan dari pemerintah. Pendidikan tidak berubah dengan mengedepankan pendidikan agama namun tidak menerima mata pelajaran lainnya mendapat porsi yang cukup dalam”kalender pendidikan” mereka. Mata pelajaran umum ibarat “ilmu” yang kurang bermanfaat, maaf kalo bisa dibilang banyak mudhorotnya daripada manfaatnya. Seringkali santri meninggalkan kelas apabila guru mata pelajaran umum masuk. Dan itu tidak mendapatkan tanggapan apapun dari dewan ustad lainnya saat hal tersebut dibawa dalam rapat. Guru umum makan insentif buta dari pemerintah karena tekanan dan tidak diberinya jadwal mengajar didalam kelas. Dalam satu minggu guru hanya mengajar 3jam.

PENDIDIKAN TRADISIONAL DAN MODERN



Pendidikan tradisional (konsep lama) sangat menekankan pentingnya penguasaan bahan pelajaran. Menurut konsep ini rasio ingatanlah yang memegang peranan penting dalam proses belajar di sekolah (Dimyati Machmud, 1979 : 3). Pendidikan tradisional telah menjadi sistem yang dominan di tingkat pendidikan dasar dan menengah sejak paruh kedua abak ke-19, dan mewakili puncak pencarian elektik atas 'satu sistem terbaik'. Ciri utama pendidikan tradisional termasuk : (1) anak-anak biasanya dikirim ke sekolah di dalam wilayah geografis distrik tertentu, (2) mereka kemudian dimasukkan ke kelas-kelas yang biasanya dibeda-bedakan berdasarkan umur, (3) anak-anak masuk sekolah di tiap tingkat menurut berapa usia mereka pada waktu itu, (4) mereka naik kelas setiap habis satu tahun ajaran, (5) prinsip sekolah otoritarian, anak-anak diharap menyesuaikan diri dengan tolok ukur perilaku yang sudah ada, (6) guru memikul tanggung jawab pengajaran, berpegang pada kurikulum yang sudah ditetapkan, (7) sebagian besar pelajaran diarahkan oleh guru dan berorientasi pada teks, (8) promosi tergantung pada penilaian guru, (9) kurikulum berpusat pada subjek pendidik, (10) bahan ajar yang paling umum tertera dalam kurikulum adalah buku-buku teks (Vernon Smith, dalam, Paulo Freire, dkk, 1999 : 164-165).


Lebih lanjut menurut Vernon Smith, pendidikan tradisional didasarkan pada beberapa asumsi yang umumnya diterima orang meski tidak disertai bukti keandalan atau kesahihan. Umpamanya: 1). ada suatu kumpulan pengetahuan dan keterampilan penting tertentu yang musti dipelajari anak-anak; 2). tempat terbaik bagi sebagian besar


anak untuk mempelajari unsur-unsur ini adalah sekolah formal, dan 3). cara terbaik supaya anak-anak bisa belajar adalah mengelompokkan mereka dalam kelas-kelas yang ditetapkan berdasarkan usia mereka (Vernon Smith, dalam, Paulo Freire, dkk, 1999 : 165).


Ciri yang dikemukan Vernon Smith ini juga dialami oleh pendidikan Islam di Indonesia sampai dekade ini. Misalnya : Sebagian Pesantren, Madrasah, dan lembaga-lembaga pendidikan Islam yang lain masih menganut sistem lama, kurikulum ditetapkan merupakan paket yang harus diselesaikan, kurikulum dibuat tanpa atau sedikit sekali memperhatikan konteks atau relevansi dengan kondisi sosial masyarakat bahkan sedikit sekali memperhatika dan mengantisipasi perubahan zaman, sistem pembelajaran berorientasi atau berpusat pada guru. Paradigma pendidikan tradisional bukan merupakan sesuatu yang salah atau kurang baik, tetapi model pendidikan yang berkembang dan sesuai dengan zamannya, yang tentu juga memiliki kelebihan dan kelemahan dalam memberdayakan manusia, apabila dipandang dari era modern ini.


Konsep pendidikan modern (konsep baru), yaitu ; pendidikan menyentuh setiap aspek kehidupan peserta didik, pendidikan merupakan proses belajar yang terus menerus, pendidikan dipengaruhi oleh kondisi-kondisi dan pengalaman, baik di dalam maupun di luar situasi sekolah, pendidikan dipersyarati oleh kemampuan dan minat peserta didik, juga tepat tidaknya situasi belajar dan efektif tidaknya cara mengajar (Dimyati Machmud, 1979 : 3). Pendidikan pada masyarakat modern atau masyarakat yang tengah bergerak ke arah modern (modernizing), seperti masyarakat Indonesia, pada dasarnya berfungsi memberikan kaitan antara anak didik dengan lingkungan sosial kulturalnya yang terus berubah dengan cepat.

Tulisan ini sebagian dikutip dari berbagai sumber, dan ini salah satu tugas waktu kuliah. Jika ada kesalahan mohon koreksinya. Mohon maaf penulis lupa sumber bukunya Karena file makalah ini di PC saya sudah tidak ada lagi . Maklum waktu itu masih semester awal. Jadi tugasnya belum sempurna.
Share on :

Artikel Terkait

1 comment:

  1. trima kasih saudara telah memberikan sdikit bantian untuk menyelesaikan tgas kuliah sekali lagi saya sangatberterima kasih pada saudara

    ReplyDelete

Silahkan ketikkan komentar anda disini